Tuesday, June 26, 2012

Superman Penjual Tape

Di pagi hari ini badanku lesu rasanya dan tak ingin melakukan aktifitas apapun. Pekerjaan menumpuk belum terselesaikan, ada perintah baru tuk mengerjakan tugas baru yang gak jelas perintahnya, Pemimpin yang hanya sukanya memerintah anak buahnya, dan anak buah yang suka mencari perhatian kepada atasan, setiap hari itu yang ku temui dan kulihat.
Banyak sih kawan-kawanku yang berkeluh kesah dengan pekerjaannya, termasuk aku. Aku tahu dan menyadari semua pekerjaan memang harus dengan tulus dan cinta untuk melaksanakannya, namun hatiku terasa berat tuk melaksanakannya.

Dihari ini ada pendataan dari surabaya dan aku banyak sekali kekurangan untuk mengisi biodata, termasuk aku belum punya foto, maka dari itu aku minta bantuan sahabat karibku mr. Sagung untuk memotretku plus selakalian pinjam bajunya, karena aku tidak membawa baju abu-abu untuk syarat melengkapi data tersebut. Kenapa sih informasi dari atasan kok tidak begitu jelas dan lengkap.
Tanpa pikir panjang ku meluncur ke rumah mr. Sagung untuk meminjam baju plus dengan memotretku. Setelah dipotret dan di edit fotoku, meluncurlah aku berdua ke tempat cetak foto.
Akhirnya sampailah aku berdua di tempat cetak foto di jalan A. Yani Magetan, ku sodorkan flashdisk kepada mbaknya yang cetak foto "Mbak tetak foto 3 x 4 delapan lembar" pintaku padanya.
Karena masih antri aku duduk di kursi tunggu, tiba-tiba pandanganku tertuju kepada dua cewek yang mengerumuni seorang kakek yang membawa pikulan. Awalnya aku cuek saja dan tidak begitu perhatian sang kakek tersebut, hingga akhirnya sahabarku berkata "kasihan kakek itu, sudah sangat tua masih jualan!?"
Mataku terus mengamati sang kaket tersebut, hingga dia menawarkan jasanya kepada pemilik toko cuci cetah foto tempat aku mencetak foto.
Ahirnya aku mendekati sang kakek tersebut, "bener sudah sangat tua sekali" kataku dalam hati.
Kusapa sang kakek tersebut :
Saya: Kek jualan apa?
Kakek: Tape mas, mau beli?!
Saya: Berapaan satu bungkus begini kek?
Kakek: dua ribu mas!
Lalu ku tanya lagi kepada sang kakek tersebut!
Saya: Namanya siapa kek?
Kakek: Sumadi mas?
Saya: Tempat tinggalnya di mana kek?
Kakek: Kendal mas.
Saya: Kendal...???
Kendal itu adalah salah satu kecamatan di ngawi, dan lokasinya sangat jauh dari kota magetan. Aku bertanya di dalam hati, "masa mengangkat dua keranjang dan berjalan dari Kendal kota Ngawi..wah kuat sekali kakek ini?".
Lalu  kakek sumadi  tersebut ku tanya kembali:
Saya: Sejak kapan kakek berjualan?
Kakek Sumadi: Sejak jaman jepang! sambil tak percaya aku memastikan dan menegaskan pertanyaanku kembali
Saya: Jualan tape di Magetan ini, sejak jaman jepang?
Kakek Sumadi: ya
Jawaban kakek sumadi ini menyebabkan aku tertegun, dan berpikir. Aku berkata dalam hati; "aku baru lima tahun bekerja saja sudah banyak mengeluh, sedang kakek Sumadi sudah lebih dari 60 tahun berjualan tape dan tidak terpersit susah dan menyesal di wajahnya!"
Kakek sumadi engkau berjualan tape selama itu, tak dapat kubayangkan bila aku yang berjualan tape selama itu?
Wah kakek kusebut engkau pahlawan bagi keluarga dan bangsamu!. kusebut engkau Superman penjual tape. Engkau sangat kuat, semangatmu bagaikan api yang membara, tekatmu keras bagaikan baja, engkau Superman Penjual tape di Magetan.
Kakek Sumadi engkau Superman penjual tape di Magetan, semoga jerih payahmu ini menjadi inspirasi bagi siapa saya yang malas bekerja seperti saya ini.
Aku sekarang menyadari bahwa bekerja bukan hanya sekedar mencari untung berupa materi, namun bekerja untuk kebahagiaan dan menikmati pekerjaan tersebut.
Semangat Superman Penjual Tape!...tanks broo, atas nasehat dan traktiran makan siangnya di Jeng Sri...
Semangat Superman penjual tape !

2 komentar:

pelajaran hidup bisa kita ambil di pinggiran jalan, di pasar dll...tp juga tergantung sudut pandang nya. keep spirit !!. hidup samidi man :-)

Hidup!! Penjual Tape, tapene uwenak tenan!

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More