Friday, June 8, 2012

Tugu Soerjo Magetan


Untuk mengenang jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Kabupaten Magetan membuat tugu yang dinamakan tugu bundaran Soerjo dekat alun-alun Kabupaten Magetan.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo (biasa dikenal dengan nama Gubernur Soerjo); Magetan, 9 Juli 1895 – Bago Kedunggalar, Ngawi, 10 September 1948 adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau adalah Gubernur pertama Jawa Timur.R.M. T Soerjo membuat perjanjian gencatan senjata dengan Komandan pasukan Inggris Brigadir jendral Mallaby di Surabaya pada tanggal 26 Oktober 1945.
Tanggal 10 September 1948, mobil R.M. T Soerjo dicegat pemberontak anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di Kedunggalar, Ngawi. 2 (dua) Perwira Polisi yang lewat dengan mobil ikut ditangkap. Ketiga orang lalu ditelanjangi, diseret ke dalam hutan dan dibunuh. Mayat ke 3 orang ditemukan keesokkan harinya oleh seorang pencari kayu bakar.
R.M.T Soerjo dimakamkan di Kabupaten Magetan. Sebuah Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasanya terletak di Kecamatan kedunggalar Kabupaten Ngawi.

Maka dari itu tak ada salahnya apabila tugu bundaran Soerjo ini kita jadikan tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun non domestik.

0 komentar:

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More