Friday, July 27, 2012

Apakah Sholatmu Sah?

go to Magetan - Di bulan ramadhan ini ane jarang posting, maklumlah kegiatan ane fokuskan kepada ibadah Ramadhan,diantaranya Sholat Tarwih(sholat lail), tadarus (membaca Al Quran) dan sebagainya.

Nah sob!, gambar di samping ane dapat pada saat ane ikutan jamaah sholat tarwih di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan.

Waktu itu ane berada tepat di belakang pelaku tersebut, jadi ane jepret aja kejadian tersebut untuk sebagai perhatian dan catatan bagi sobat-sobat semua. Kejadian ini mungkin banyak terjadi dan anda temui di mana saja dan kapan saja, untuk itu ane berharap dapat menjadi perhatian bagi muslim semuanya!.

Ok sob!, tahu tidak apa saja yang menyebabkan sholat kita tidak sah? nah klo sobat belum tahu, ane sedikit mengulas apa saja syarat dan rukun sholat itu, agar kita semua dapat melaksanakan sholat dengan benar!

Kata guru ane dulu syarat-syaratnya ada sembilan: 1. Islam, 2. Berakal, 3. Tamyiz (dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk), 4. Menghilangkan hadats, 5. Menghilangkan najis, 6. Menutup aurat, 7. Masuknya waktu, 8. Menghadap kiblat, 9. Niat.

Adapun Rukun-Rukun Shalat
Rukun-rukun shalat ada empat belas: 1. Berdiri bagi yang mampu, 2. Takbiiratul-Ihraam, 3. Membaca Al-Fatihah, 4. Ruku', 5. I'tidal setelah ruku', 6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh, 7. Bangkit darinya, 8. Duduk di antara dua sujud, 9. Thuma'ninah (Tenang) dalam semua amalan, 10. Tertib rukun-rukunnya, 11. Tasyahhud Akhir, 12. Duduk untuk Tahiyyat Akhir, 13. Shalawat untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, 14. Salam dua kali. 

Nah sob! bagaimana Apakah Sholatmu Sah?, pertanyaan ini jawabanya ya mengacu dari syarat syah dan rukun sholat di atas.

Orang yang di gambar tersebut tidak mencerminkan firman Allah dan Rasulullah yaitu;Menutupnya dengan apa yang tidak menampakkan kulit (dan bentuk tubuh), berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Allah tidak akan menerima shalat wanita yang telah haidh (yakni yang telah baligh) kecuali dengan khimar (pakaian yang menutup seluruh tubuh, seperti mukenah).” (HR. Abu Dawud)


Para ulama juga sepakat atas batalnya orang yang shalat dalam keadaan terbuka auratnya padahal dia mampu mendapatkan penutup aurat. Batas aurat laki-laki dan budak wanita ialah dari pusar hingga ke lutut, sedangkan wanita merdeka maka seluruh tubuhnya aurat selain wajahnya selama tidak ada ajnaby (orang yang bukan mahramnya) yang melihatnya, namun jika ada ajnaby maka sudah tentu wajib atasnya menutup wajah juga.Dan firman Allah ‘azza wa jalla, “Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaian kalian yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (Al-A’raaf:31) 

Nah sob! Apakah Sholatmu Sah?


4 komentar:

wkwkw. bener pak.. kadang malah kita tidak peduli dengan aurat kita sendiri..

sepertinya shalat kita asalah naik mesjid, terus gerak2 aja.

untuk kasus yang foto di atas itu hampir marak saya jumpai, hanya saja saya bingung mau bilang ke orangnya bagaimana.. :D

Sama sih,mau ngingatkan kadang takut salah paham..hehe.

abis solat terus berkunjung ya sob....

Trims. atas kunjungannya, langsung ke TKP sob

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More