Wednesday, July 4, 2012

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan Magetan terletak di kelurahan Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan merupakan obyek wisata andalan Magetan. Di sekitar telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 lebih hotel kelas melati, dan 18 lebih pondok wisata.Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat yang siap di pinggir sepanjang telaga.Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman, serta tempat untuk camping maupun out bond.
Keberadaan sekitar 19 lebih rumah makan di sekitar telaga, termasuk sate kelinci sarangan Magetan, menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu, jadi tidak kebingungan untuk mencari makanan. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci.


Lanjutnya sobs,Magetan juga tertolong dengan adanya potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk suvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi).

Wisata Telaga Sarangan di Magetan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Ada 60 lebih perahu motor dan 13 becak air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga.

Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Oh ya sobs, Sekarang mudah dan lancar lagi berkunjung ke wisata telaga sarangan di karenakan Pemkab setempat tengah membuat jalan tembus yang menghubungkan Telaga Sarangan dengan obyek wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar.

Obyek wisata ini dapat ditempuh dari Kota Magetan; dan lokasinya tak jauh dengan Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu (Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah).

Jangan lupa ya berkunjung ke Magetan untuk berwisata, Wisata Telaga Sarangan Magetan. Silahkan diagendakan untuk berwisata, Wisata Telaga Sarangan Magetan.

21 komentar:

Mengenalkan potensi Magetan ke penjuru dunia walau hanya lewat sebuah blog. Support

ayah sering ceritain tempat ini.. tapi sampe hari ini ane belon pernah kesana hix
indaah bangeet
plus 1, makasih sharenya sobat :)

Tanks atas suportnya kang sundul.

Sama-sama masih attensinya,Moga bisa berkunjung gan.

waktu saya lihat foto dari teman teman yang udah kesana, saya jadi ngiri je.. :D

Paling tidak dalam mimpi, karena itu doa. Jadi pasti kesampaian, silahkan berkunjung, ane siap membantu!

salut dah buat mas bro yang sering kuliner dan touring ke tempat wisata di magetan kemudian mempublishnya di blog.semoga magetan akan makin terkenal... salut deh

Terima kasih atas suportnya!Jangan tanyakan apa yang kamu dapat dari bangsa ini, tetapi apa saja yang dapat anda berikan untuk bangsa ini.

wah kudu diusahakan mampir nich, kw gi main2 ke magetan, pesona telaganya kudu jangan terlewat tuk disaksikan :)

Berdasarkan data 5 tahun terakhir rata-rata kunjungan wisatawan di Sarangan hanya mencapai 464.283 orang setiap tahunnya. Jumlah ini relatif kecil bila dibandingkan dengan obyek wisata Tawangmangu yang dimiliki Karanganyar Jawa Tengah. Untuk mengembangkan kepariwisataan di Magetan perlu didukung program pembangunan kepariwisataan yang sistimatis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap nilai-nilai agama, budaya, kelestarian dan mutu lingkungan hidup demi kesejahteraan masyarakat. Kunjungan wisatawan telah terbukti ikut menyelamatkan negeri ini dari krisis ekonomi. Dinamika perilaku wisatawan diharapkan menjadi motivasi bagi pelaku industri wisata untuk selalu meningkatkan kompetensi demi terwujudnya service excellent.
Salam sukses buat sobat Andik Rasida.

Trimakasih sobat Herdoni Wahyono atas info terkininya. Saya setuju dan mendukung sobat, bila Magetan mempunyai paket wisata yang dapat di tawarkan ke pada dunia,Jadi bisa dijadikan referensi dunia untuk berlibur. Salam sukses juga kepada anda.

Sangat setuju! silahkan mampir, jangan lupa makan sate kelinci ala sarangan.salam sukses buat anda dan trimakasih atas kunjungan anda.

Mohon maaf yang dimaksud tw apa ya? Salam sukses buat anda!

Tp ada Beberapa Perilaku Pantangan di telaga sarangan yang harus dicermati pengunjung :
1. Tenggelam
2. Makan sate enggak bayar
3. Naik kuda yang bukan muhrim (kuda apa yo....)
4. Lupa Sholat

Terima kasih atas tipsnya...

Hari kami sekeluarga menuju ke telaga sarangan

Kunjungan Blog ke 530
hehe Jgn lupa om Mampir Balik

Trims atas kunjungannya, langsung ke TKP sob

kapan ya bisa berkunjung kesana... :D

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More