Friday, October 5, 2012

4 hal Yang harus anda lakukan sebagai fotografer

Kabupaten Magetan- Tips Kabupaten Magetan (dot) com kali ini adalah 4 hal Yang harus anda lakukan sebagai fotografer dan Cara Meliput Yang Baik. Bagi yang mempunyai keinginan dan cita-cita meliput dan menulis berita, sangatlah penting memahami karakteristik berita itu.

gbr: bukuygkubaca.blogspot.com
Karena berkaitan dengan bloging dan berita , ada tiga hal penting yang harus di perhatikan dalam meliput berita untuk bisa menarik bagi pembaca, dan pemirsa yaitu; Naskah berita itu  sendiri, dan foto sebagai pelengkap beritanya.

Foto

Tidak cuma naskah berita yang di tuntut untuk bisa mendiskripsikan suasana atau peristiwa, sebuah foto juga harus mengandung pesan dan makna didalamnya yang dapat mewakili berita yang akan di tulis.

Perhatian untuk Fotografer pemula! ada 4 hal yang wajib anda lakukan dan 4 hal yang harus anda hindari, sebagai fotografer, yaitu.


 4 hal Yang harus anda lakukan sebagai fotografer:

  1. Kenali situasi lapangan
  2. Think out of The Box, Maksudnya menjadi fotografer itu harus semakin out of The Box, unik dan langka hasil jepretan, karena itu akan menjadikan foto bakal lebih menarik
  3. Grab The Golden Moment, maksudnya menjadi fotografer mesti pandai-pandai nmelacak dan mendeteksi kejadian atau momen-momen yang kira-kira bakal banyak ekspresi di mana-mana, jadi jangan asal jepret, akan tetapi tangkaplah momen yang tepat
  4. Jaga Fisik dan Stamina, maksudnya sebagai fotografer harus makan teratur, multivitamin dan istirahat yang cukup. Karena tanpa kesehatan sang fotografer tidak akan terganggu dalam tugasnya.

4 hal Yang harus anda hindari sebagai fotografer

  1. Merekayasa Foto, maksudnya jangan melakukan editing foto berlebihan dengan sofware apapun, keculi cropping, pengaturan saturasi, dan contras.
  2. Terbawa suasana, maksudnya dalam didalam membidik sasaran harus fokus dengan obyek.
  3. Melakukan kesalahan teknis
  4. Angle Kembar

Agar foto  sarat dengan makna, seorang fotografer harus menentukan dulu kira-kira pesan atau angle foto apa yang akan fotografer ambil. Kadang fotografer tidak sengaja dapat momen bagus, namun lebih bagus lagi  fotografer mempersiapkan konsepnya terlebih dahulu.

Fotografer harus mengenal senjata mereka, yaitu kamera, maka pelajarilah teknik pemotretan, dan mesesuaikan angle pengambilan gambar

Catatan untuk fotografer pemula, High angle baik untuk pemotretan suasana, normal angle baik untuk foto ekspresi,dan low angle itu baik untuk membidik profile, maka dari itu semua untuk menghasilkan foto yang baik,  semua komposisi harus seimbang. Mulai dari teknik, angle, hingga eksekusi

Penulisan dan Akurasi

Menulis suatu berita yang harus di lakukan adalah menggunakan piramida terbalik. Yang paling menarik dan menjadi magle, ditulis pada lead, letakkan di bagian paling atas naskah.Dengan penulisan piramida terbalik akan memudahakan pembaca untuk mengetahui keseluruahan berita yang kita tulis.

Selain memperhatikan penyusunan  penulisan naskah, hal yang terpenting yang anda harus lakukan adalah akurasi setiap informasi. Maka


4 komentar:

informasi yang bermanfaat, terima kasihh..

nice info bang, lanjut terus n sukses selalu,,

Bukan adinda zifa, aku hanya orang yang belajar untuk menjadi fotografer.

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More