Sunday, October 21, 2012

Hari Blogger Nasional ke 5

Kabupaten Magetan -Tahukah anda sebentar lagi Hari Blogger Nasional ke 5 ? nah Blogger Indonesia dan hususnya blogger Magetan, sebentar lagi tanggal 27 Oktober 2012, jangan lupa  tanggal 27 Oktober adalah hari blogger Nasional.

media.kompasiana.com
Hari Blogger Nasional telah di cetuskan dan tetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh dengan momentumnya dibuat seiring diadakannya Pesta Blogger tahun 2007. Pesta Blogger 2007 (PB2007), adalah sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, Sabtu (27/10/2007). 
Ini adalah kutipan dari kata-kata beliau yang saya kutib dari detikinet.com: "Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!" tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog. "Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali," ujarnya kepada wartawan setelah memberi sambutan. Disinggung mengenai langkah selanjutnya dari deklarasi Hari Blogger Nasional dan apakah pemerintah akan membakukan sebuah kode etik bagi blogger, Nuh mengaku hal itu belum dipertimbangkan. "Ini masih awal, belum sampai sejauh itu untuk dipikirkan. Masih yang sederhana saja," tukasnya. Cetusan untuk menjadikan Hari Blogger Nasional muncul pada acara itu secara spontan. Diawali oleh Enda Nasution, Ketua Komite PB2007, dalam sambutannya. Menurut Nuh, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat. Ia juga berharap blogger tidak 'malu-malu' atau takut dalam menulis blog. "Kami jamin tidak akan ada pembredelan," ujarnya dalam acara PB2007. Enda, yang ditemui sewaktu makan siang, mengatakan deklarasi tersebut memang tidak direncanakan. Untuk ke depannya, Enda pun mengaku belum ada rencana spesifik. "Paling tidak sudah ada satu tanggal yang bisa dijadikan momentum. Nanti setiap komunitas atau individu blogger bisa membuat interprestasinya sendiri untuk memperingati hari ini," ia menjelaskan. PB2007 menghadirkan blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Anging Mammiri dari Makassar, Go Ranah Minang dari Sumatera Barat, Loenpia.net dari Semarang, Komunitas Blog Jogja hingga blogger yang mewakili komunitas di Poso. Komunitas non-regional seperti Blogfam, id-Gmail, Multiply Indonesia, dan Muslim Blog juga ikut meramaikan acara ini. Keterangan Foto, ki-ka: Menkominfo M. Nuh, Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Ahmadjayadi, dan Ketua Komite PB2007 Enda Nasution

Jika lima tahun lalu Pesta Blogger hanya berfokus kepada pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia, kali ini konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Sejak mengalami perubahan nama menjadi OnOffID, pesta blogger mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Nah kira-kira apa yang dapat di lakukan para blogger Indonesia di tahun ke lima ini ya? tetap kreatif menulis? ataukah semakin lesu menulis?. Tahun 2012 ini apakah para bloger akan menulis untuk curhat? ataukah untuk bisnis? ataukah untuk iseng saja? ataukah untuk menyerang orang lain? ataukah untuk provokatif? atau menulis untuk menasehati? berkreasi atau menjatuhkan orang lain?

Berpikirlah kembali untuk apa anda menulis, untuk apa anda ngeblog?! masih ingat statement berbagi itu tidak rugi?!! masih ingatkah anda dengan slogan berpikirlah sebelum menulis?! ataukah anda juga masih ingat    satu hari satu posting?

Alangkah indahnya apabila para blogger saling menasehati, saling mengunjungi, saling berbagi, dan  apalagi saling mengunjungi di dunia nyata dengan mengadakan event kekeluargaan. Nah di moment Hari Blogger Nasional ke 5 ini yuk kita adakan event berkumpul di dunia nyata, hususnya blogger Magetan , maukah anda mempererat kebersamaan dan kekeluaragaan dengan membuat event di dunia nyata? menggalang dana untuk bencana alam dan kemiskinan? kapan? dimana? dan siapa penyelenggaranya? aku tunggu jawabanmu saudara Blogger !

Selamat Hari Blogger Nasional! semoga tetap semangat menulisnya!

1 komentar:

selamat hari blogger pak brooo...keep blogging :-)

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More