Friday, October 12, 2012

Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012


Pembukaan
Magetan - Postingan kali ini adalah Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012. Napak Tilas ini  di selenggarakan dalam  rangka Memperingati Dirgahayu Magetan Ke 337

Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012 di buka oleh Bupati Magetan Drs. H. KRA Sumantri Noto Adinagoro, MM dan selanjutnya beliau juga ikut gerak jalan beserta jajaran Muspida Magetan,  pada sore hari ini 10 oktober 2012.

Gerak jalan Napak Tilas Ngunut Parang Magetan ini diadakan untuk mengenang peristiwa bersejarah di Magetan, yaitu ketika pusat pemerintahan Kabupaten Magetan dipindahkan ke Desa Ngunut Kecamatan Parang saat terjadinya agresi militer Belanda pada tahun 1948.
Menurut sejarah Belanda menyerbu Magetan pada tanggal 19 Desember 1948. Dan pada tanggal 26 Oktober 1949 tentara Belanda meninggalkan Magetan,dan akhirnya pada tanggal 1 Januari 1950 pusat pemerintahan di Magetan yang dulunya  berada di pedalaman akhirnya pindah ke dalam kota.

Napak Tilas Ngunut Parang Magetan  2012 ini diikuti ratusan bahkan ribuan peserta yang terdiri dari PNS, TNI, Polri, pelajar, berbagai komunitas di Magetan, para pelajar, dan perangkat desa,  Apalagi antusias warga ikut serta memeriahkan acara Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012 dengan menonton di sepanjang jalan yang di lalui oleh peserta Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012  menambah semarak kegiatan ini.
Peserta napak Tilas yang kompak

Wah  para pesertanya sangat antusias, bahkan ada yang berlari karena sangking semangatnya, padahal  acara ini di laksanakan di siang hari dan sangatlah panas suhunya.

Peserta Napak tilas berlari

Ada tradisi yang melekat dalam Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012, yaitu para warga sepanjang pinggiran jalan yang  di lalui oleh peserta Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012 menyediakan berbagai minuman dan makanan untuk menghilangkan lelah dan haus bagi peserta napak tilas ini.

Makan-minum gratis di sediakan oleh warga

Gerak jalan Napak Tilas Ngunut Parang Magetan 2012 ini juga dilaksanakan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Magetan ke-337  dengan menempuh jarak sekitar 20 kilometer dengan finish di  depan Pendopo Surya Graha selatan Alun-alun kota Magetan.

Selain napak tilas sebenarnya masih banyak acara yang akan di gelar di Kabupaten Magetan,di antaranya Pekan Raya Pasar Malam yang akan diadakan tanggal 12 sampai 19 oktober dengan lokasi di Stadion Yosonegoro Magetan.Selain itu pada malamnya akan banyak pertunjukan orkes dan lain lain.
Seperti biasanya pada akhir acara akan di gelar pertunjukan wayang dengan dalang Ki Anom suroto.

Kabupatenmagetan.com mengucapkan Selamat menonton dan Dirgahayu Kabupaten Magetan ke 337 semoga sukses selalu!

0 komentar:

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More