Tuesday, October 2, 2012

Produk unggulan kota Magetan.

Kabupaten Magetan - Catatan kabupatenmagetan.com hari ini adalah Produk unggulan kota Magetan. Magetan selain mempunyai obyek wisata sarangan, masih banyak Produk unggulan kota Magetan.yang perlu di perkenalkan di luar kota magetan.

Produk unggulan kota Magetan yang dapat di himpun kabupatenmagetan.com diantranya adalah:

A. Produk unggulan kota Magetan bidang kuliner dan makanan
1. Nasi Pecel Magetan
Di Kota Magetan terdapat banyak warung pecel yang sangat terkenal diantaranya "pecel Bu Parti" yang berada di Kauman -Magetan, di warung ini dijual menu spesial Pecel khas Magetan yang sangat Lezat dengan harga ekonomis. selain Pecel Bu Parti sebenarnya masih banyak warung pecel yang lain yang tidak kalah dalam hal rasa dan harga, diantaranya Pecel Mbah Darmi" sebelah utara Pasar Baru, dan masih banyak lagi yang lainnya.
gbr:dedex-coy.blogspot.com


2. Lempeng Magetan
Krupuk lempeng Magetan dapat dijumpai di supermarket bahkan di warung-warung kaki lima pun juga menyediakan. Namun jika ingin melihat langsung proses pembuatannya, Anda dapat berkunjung sentra krupuk lempeng di jalan Sadewo Kelurahan Sukowinangun Kecamatan /Kabupaten Magetan.
gbr:surabaya.detik.com

3. Emping Melinjo Magetan
Emping Melinjo Magetan Banyak di Produksi di Bandar Kecamatan Sukomoro Magetan, dan Kebaran Tawanganom Magetan
gbr:gemari.or.id

4. Roti bolu Rahayu Magetan
Roti Bolu Rahayu Magetan di produksi di Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan

gbr:nananghimawan.wordpress.com

5. Krupuk rambak Magetan
Krupuk Rambak Magetan Banyak di Produksi di Desa Mojopurno Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan


6. Jenang Candi Magetan
Jenang Candi Magetan diproduksi di Desa Candi Kabupaten Magetan, dan yang terkenal dan sudah lama berkecimpung membuatnya adalah Lek Mani Candi Magetan

gbr:faktakita.com

7. Gethuk Pisang Magetan
Gethuk pisang Magetan Diproduksi di sekitar Desa Tawanganom Kecamatan Magetan dan Desa Kauman Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan
B. Produk unggulan kota Magetan bidang industri



 1. Genteng Magetan
gbr:magetankab.go.id
Potensi Kerajinan Genteng merupakan usaha rumah tangga dengan jumlah unit usaha 1.413, unit, 2 diantaranya telah mendapat sertifikat SNI. Jumlah produksi 131.246.880 buah pertahun.

2. Batik Magetan
gbr:magetankab.go.id
Batik Tulis Sidomukti merupakan produk khas dari Magetan.  Terdapat juga motif-motif lain dengan kualitas bersaing. Terdapat 2 unit usaha dengan produksi 3.456 lembar.

3. Anyaman Bambu Magetan
gbr:magetankab.go.id
Faktor pendukung pengembangan kerajinan anyaman bambu di Kabupaten Magetan adalah bahan baku yang melimpah dan tenaga yang murah. Terdapat 4.225 unit usaha dengan produksi 9.782.328 buah kerajinan tersebar di desa-desa terutama Kecamatan Magetan, Plaosan, Panekan, Sidorejo dan Poncol. Pusat penjualan di Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan.

4. Kulit Magetan
Pusat di Kelurahan Magetan dan Kelurahan Selosari Kecamatan Magetan. Terdapat 152 unit usaha dengan berbagai jenis produksi diantaranya sepatu, sandal, jaket, ikat pinggang, tas, topi dan lain-lain. 

  • Dompet
gbr:magetankab.go.id

  • Sepatu
gbr:magetankab.go.id

  • Sandal 
gbr:magetankab.go.id
 5. Penyamakan Kulit Magetan
gbr:magetankab.go.id
Pusatkan Industri penyamakan kulit  terletak di Desa Ringinagun Kecamatan Magetan dan Desa Mojopurno Kecamatan Ngariboyo. Jumlah unit usaha 127 dengan produksi 7.986.000 sqfeet.

6. Gamelan Magetan
gbr:magetankab.go.id
Industri Gamelan (Alat Musik Tradisional) di Magetan merupakan tradisi turun memurun , terdapat 8 unit usaha dengan produksi 48 set pertahun. Pusat pengembangan di Desa Kauman Kecamatan Karangrejo.


C. Produk unggulan kota Magetan pertanian, Peternakan dan perkebunan

1. Sayur Mayur Magetan
gbr:magetankab.go.id
Kabupaten Magetan merupakan penghasil berbagai sayur termasuk stroberry untuk memasok wilayah Madiun dan sekitarnya. Daerah pengembangan di Kecamatan Sidorejo, Plaosan, Poncol, dan Bendo.

2. Sapi Potong Magetan
gbr:magetankab.go.id
Usaha penggemukan sapi potong (Sapi Kereman) di Kabupaten Magetan dikembangkan dengan fasilitas kredit dari APBD (penyertaan modal) kepada petani dengan sistem kemitraan. Jumlah populasi sapi potong 59.273 ekor dan setiap tahun mengirim ke berbagai kota besar hingga mencapai 18.000 ekor. Sentra sapi kereman terdapat di Kecamatan Panekan, Sidorejo, Plaosan, dan Poncol.. Budidaya sapi betina dengan sistem inseminasi buatan juga dikembangkan yang populasinya mencapai 21.338 ekor dengan tingkat kelahiran rata-rata 19.229 ekor.


2 komentar:

menarik sekali pak artikelnya, magetan memang kaya akan potensi

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More