Friday, November 16, 2012

Makna Sluku-sluku bathok di Magetan

Kabupaten Magetan - Postingan kali ini Makna Sluku-sluku bathok di Magetan. Masih ingatkah lagu Sluku-sluku bathok?! Apa itu Sluku-sluku Bathok?

Sluku-sluku Bathok adalah salah satu lagu yang di ciptakan oleh Wali Songo yang menjadi lagu anak untuk bermain di Jawa.

Waktu aku masih kecil sering sekali aku dan kawan-kawanku menyanyikan lagu Sluku-sluku bathok di waktu malam hari saat liburan sekolah apalagi di waktu bulan purnama, karena memang waktu dulu belum begitu banyak permaian dan tontonan, bahkan TV di sekitarku masih langka dan jarang di temui, jadi lagu dan permaian seperti ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk di mainkan dan di nyanyikan.

Kegiatan dolanan seperti tersebut diatas menurut ane sangat bermanfaaat untuk membentuk karakter bagi setiap pribadi dalam rangka membentuk rasa sosial, kemandirian dan empati atau kepedulian sosial.


Doalan seperti diatas menurut ane perlu di galakkan lagi, sebab lebih menyentuh rasa humanisme, dan lebih mendasar daripada main game PS, maupun game on line yang sarat kekerasan dan mengedepankan hidup tertutup dan individualisme.

Lagu Sluku-sluku bathok itu teksnya seperti ini:

SLUKU-SLUKU BATHOK
Sluku-sluku bathok
bathoke ela-elo
si romo menyang solo
oleh-olehe payung motho
Pak jenthit ololobah
wong mati ora obah
yen obah medeni bocah
yen urip nggoleko dhuwit

Adapun Macam vareasi lagu Sluku-sluku bathok  sekarang ini sangat banyak, dan di bawah ini adalah beberapa vareasi lagu tersebut:

Lagu Sluku-sluku bathok ini dikarang oleh para Wali Songo yang tentunya sebenarnya mempunyai makna. Adapun makna dari Sluku-sluku bathok adalah: 
Sluku sluku bathok (kepala) artinya  kepala kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya. Kalo diforsir terlalu tentu bisa aus, stress, hang, macet daya pikirnya.
Bathoke ela-elo, maksudnya dengan cara berdzikir (ela-elo = Laa Ilaaha Ilallah), mengingat Allah akan mengendurkan syaraf di otak. 
Si Rama menyang Solo, maksudnya siram (mandilah, bersuci) menyang (menuju) Solo (Sholat). Lalu bersuci dan dirikanlah sholat. Karena Sholat dapat dijadikanlah  istirahat kita sehingga kita menjadi tenang.
Oleh-olehe payung mutho, maksudnya kalau kita sholat akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah, Tuhan kita. Kalo Allah sudah melindungi, tak ada satupun di dunia ini yang kuasa menyakiti kita. tak satupun.
Pak jenthit lolo lo bah, maksudnya kematian itu datangnya tiba-tiba, tak ada yang tahu. Tak bisa dimajukan atau dimundurkan walau sesaat. Sehingga saat kita hidup, kita harus senantiasa bersiap dan waspada. Selalu mengumpulkan amal kebaikan sebagai bekal untuk dibawa mati.
Yen obah medeni bocah maksudnya saat kematian datang, semua sudah terlambat. Kesempatan beramal hilang. Banyak ingin minta dihidupkan tapi Allah tidak mengijinkan. Jika mayat hidup lagi maka bentuknya menakutkan dan mudharat-nya akan lebih besar.
Yen urip golekko dhuwit maksudnya kesempatan terbaik untuk berkarya dan beramal adalah saat ini. Saat masih hidup. Pengin kaya, pengin membantu orang lain, pengin membahagiakan orang tua, sekaranglah saatnya. Ketika uang dan harta benda masih bisa menyumbang bagi tegaknya agama Allah. Sebelum terlambat, sebelum segala pintu kesempatan tertutup.

1 komentar:

slmat mlm genk.. wah enak,ni kyk nya botok nya genk.

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More