Tuesday, November 6, 2012

Mengatasi Hardisk Eksternal Yang Error Minta Format.

Kabupaten Magetan - Magetan tisps kali ini akan berbagi tips tentang Mengatasi Hardisk Eksternal Yang Error Minta Format.

Wah sob awal ceritanya hardisk ane ni Senin 05 November 2012 tiba-tiba gak bisa kebuka atau tidak dikenali oleh compi ane, padahal hari itu ane sangat butuh sekali untuk menyelesaikan tugas yang hari itu juga harus di kumpulkan. Waduh padahal data ane semua ada di situ, 250 giga lagi gi mana nih.

Waktu itu ketika ane mau nyolokin hardisk eksternal tiba-tiba ada tulisan disuruh format hardisk seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Ane harus berpikir keras nih karena harus diburu waktu sedang waktu itu sudah pukul 10.00 WIB dan di batasi jam 13.00 WIB harus sudah kelar.



sumpah..ane sempat bingung  !! Banyak banget data data penting yang ada disana dan hampir putus asa. Akhirnya ane teringat saran kawan saya dulu untuk mengechek hardisk melalui cmd.

Adapun ciri ciri nya kayak gini hardisk ane yang error itu adalah :
  1. Tiba - tiba hardisk timbul pada window explorer hanya tulisan local disk (g) biasanya tertulis Andik Rasida (g)
  2. Hardisk tersebut minta format dan membuat saya pusing karena datanya penting semua
  3. Komputer saya menjadi hang.....
  4. OS yang ane pergunakan adalah window 7 starter namun untuk mengeksekusi ahir ane  menggunakan windows xp dan sama sih sebenarnya prosesnya dan nyatanya ane praktekkan juga bisa dan berhasil normal hardisk ane.


Nah ini jurus yang ane gunakan:

1. Masuk ke run
2. Ketik cmd
3. Pada saat posisi command prompt lalu ketik chkdsk /r /f g: lalu tekan enter 

Keterangan : (g: sesuai dengan posisi removable disk pada komputer anda, kebetulan pada komputer ane pada local disk g)  dan setelah ane tunggu prosesnya kurang lebih 2 jam setengah sambil harap cemas hardisk saya bekerja kembali dengan normal. Nih gambar hasil ahir dari proses penscanan ane:

Al Hamdulilah...... akhirnya muncul juga Hardisks ane

Nah bagi anda yang mengalami hal serupa jangan keburu untuk di format hardisknya, silahkan coba cara tersebut di atas dan semoga bermanfaat artikel ini bagi anda semuanya.


16 komentar:

saya pernah ngalamin hal serupa,, hardisk saya 500GB.. saya juga bingung,, akhir'nya saya cabut terus colokin lagi.. dan kembali normal deh.. hehehe.. :)

Kemarin ada teman yg minta ditulungin... tapi karena nggak tau ya... terpaksa bilang nggak bisa. kalau diformat balikin datanya nggak akan bisa 100% kembalinya... tq ini mungkin nanti bisa bantu teman2 HDD nya yang minta diformat.

Alhamdulillah bisa nongol lagi, pada kasus hardisk ane nih dah tak colokin 4 komputer ya hasilnya sama, diminta di format! ya beruntunglah anda hardisknya bisa dikenali lagi.

Bisa di coba sobs, semoga lancar!

Tentu kita akan 'susah' bila flashdisk yang berisi data penting dan sangat dibutuhkan dalam waktu singkat harus 'hilang' karena tidak ada 'jalan lain' selain diformat. Syukur ada 'jalan keluar' untuk mengatasi masalah tersebut. Tips ini menjadi panduan bagi kita untuk mengatasi harddisk eksternal yang error minta diformat. Terima kasih sharingnya yang bermanfaat. Sukses selalu.

kok tulisan nya gini ya:
The type of the file is nfts.
unable to determine volume version and state. CHKDSK aborted.
unable to obtain a handle to the event log

cara mengatasi nya gimana???

alhamdulillah data di hd saya yg sempat minta format bs muncul lg...terimakasih banyak y mas atas info nya...sangat bermanfaat ^^

Pastikan di mana removable disk anda untuk congoh kebetulan berada di g, silahkan coba lagi

Sama-sama sobat semoga bermanfaat dan lancar kegiatannya.

ko g bsa punyaku gan...muncul tampilan gini "Access denied you do not have sufficient privileges.__You have to invoke this utility running in elevated mode."

coba ubah acses dahulu dengan cara pergi ke% windir% / system32, klik kanan pada cmd.exe dan pilih Run as administrator. selanjutnya coba ulangi langkahnya seperti artikel diatas! semoga beruntung!

punyaku gagal gan.. udh di coba berkali2.. malah keluar tulisan "windows cannot recover table CHKDSK aborted"
mohon solusinya..

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More