Friday, November 9, 2012

Siapakah Pahlawan anda?


Kabupaten Magetan - Magetan 10 November sebentar lagi datang. Masih ingatkah kalau 10 November adalah Hari Pahalawan?! Nah postingan kali ini adalah:  Siapakah pahlawan anda?

Sebelum itu ane mau cerita sedikit tentang perbincangan seorang guru bernama Abu Qubaisy dengan muridnya. Abu Qubaisy mendengarkan perbincangan salah satu murinya melontarkan pertanyaan kepada muridnya "Siapakah yang disebut dengan pahlawa?!"; " Ya tentu saja mereka yang dengan gagah perkasa maju ke medan perang untuk membela kebenaran. Mereka yang rela mengorbankan nyawa dan apa saja untuk membela bangsa dan negara," kata seorang murid Abu Qubaisy, menjawab temannya yang bertanya tentang pahlawan.
"Lalu bagaimana dengan mereka yang tak pernah menginjak medan perang? Misalnya guru yang pahlawan pendidikan itu? Apa Anda pikir gelar "pahlawan tanpa tanda jasa" yang diberikan kepada guru itu cuma basa-basi?," tanya murid lain agak emosi.

"Sudah, sudah, jangan ribut. Kita masih dalam suasana Lebaran," kata murid lain menengahi. Ketika kemudian dia melihat Abu Qubaisy datang, sambil menunjuk ke arah sang mahaguru, murid itu berkata, "Nah, itu Tuan Guru datang. Mari kita tanyakan masalah ini kepada beliau."
"Ah, kalian ini bukan berusaha menjadi pahlawan, malah meributkan definisi tentang pahlawan," kata Abu Qubaisy seakan-akan bisa mendengar apa yang diperdebatkan para muridnya itu.  

"Sesuai dengan gelarnya, pahlawan berarti orang yang memiliki banyak pahala. Jadi, benar seperti yang dikatakan teman kalian tadi, pahlawan bukan cuma mereka yang mengangkat senjata di medan perang. Karena pahlawan bukan gelar monopoli siapapun juga," sambung sang mahaguru membuat murid-muridnya mengangguk-angguk.

"Kalau hanya mereka yang punya banyak pahala yang berhak disebut pahlawan, apakah itu bukan semacam monopoli juga? Karena orang-orang yang seperti kami ini tak punya keberanian dan kemampuan melakukan hal-hal yang mendatangkan banyak pahala," kata murid lain dengan suara yang memantulkan kewaswasan yang amat sangat.

Mendengar kekecilan hati muridnya yang satu itu Abu Qubaisy pun tersenyum dan melanjutkan pelajarannya."Banyak cara gampang untuk cari pahala," kata guru besar itu masih dalam senyum. "Ingatlah apa yang pernah disabdakan Rasulullah Saw. Sekali tempo beliau berkata bahwa menyingkirkan duri dari jalanan adalah ibadah. Itu artinya menghasilkan pahala. Siapa yang tak bisa menyingkirkan duri atau paku dari jalanan? Pada kesempatan yang lain Rasulullah Saw bersabda bahwa memberi senyum kepada seseorang itu pahala.

Nah, siapa yang tidak bisa memberikan senyum kepada seseorang? Jadi, orang bisa menuai pahala dengan perbuatan-perbuatan kecil," kata Abu Qubaisy mengakhiri tuturnya.

Nah dari cerita diatas tentunya kita dapat menyimpulkan siapakah pahlawan itu, nah menurut ane pahlawan itu adalah semua yang mampu mendapatkan pahala ata semua yang dapat menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri dan bagi semua orang yang berada di sekelilingnya, seperti gambar di bawah ini:

Pak Pos Pahlawanku
Guru Pahlawanku

Ibu

Pahlawan Perang

Nalayan Pahlawanku

Kuli Pasar Pahlawanku

Kuli Bangunan Pahlawanku

Tukang Ojek Pahlawanku


Tukang Sampah Pahlawanku

Penjual Pahlawanku

Pelajar Pahlawanku

Pemulung Pahlawanku

Petani Pahlawanku

Pilot Pahlawanku

Polisi Pahlawanku

Satpam Pahlawanku

Sopir Taxi Pahlawanku

Petugas POM Pahlawanku

Penjual Es Pahlawanku

Tukang Becak Pahlawanku

Tentara Pahlawanku
Dokter Pahlawanku
Dan masih banyak para pahlawanku yang belum ane sebutkan. Selanjutnya siapakah pahlawan anda?

Selamat Hari Pahlawan!
Hargailah para Pahlawan!
Berusahalan untuk menjadi Pahlawan
Jangan lupakan Pahlawan!


6 komentar:

ibu..
terharu nih liatnya :) .............`.

ayah,ibu,kakek & nenek...mereka pahlawanku

kunjungan perdana sobat :) sambil baca2
visit n koment back y dblogq :)
sekalian follow blogq y nanti gantian ak folback

wah bagus nih artikelnya, ditunggu artikel barunya ... ^_^

#comment back ya hihiihihih :)

Wah jadi kepikiran apa saya udah jadi orang berguna ya bagi orang lain.. thanks artikelnya

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More