Friday, December 7, 2012

Cara membuat Tajin Ala Magetan

Magetan Tips - Kali ini ane akan ane akan berbagi tips tentang Cara membuat Tajin Ala Magetan. Tahukah anda tajin itu?  Tajin adalah saripati beras yang diperoleh dengan cara memasaknya dan cairannya berwarna putih.

Gmbr:ayahbunda.co.id
Waktu ane kecil ibu ane sering membuatkan tajin untukku, yang kata ibu ane air tajin itu menyehatkan. Kemarin ane berjumpa dengan ahli gizi B. Sri Namanya dan sempat bertanya tentang kandungan air tajin tersebut. Kata beliau air tajin itu  mengandung karbohidrat. 

Menurut beliau air tajin itu adalah resep turun temurun dari orang tua kita dan tajin itu sering diberikan kepada bayi sebagai pengganti susu walaupun gizinya jauh dibawah susu hewan atau kedelai. Dan resep memberikan air tajin ini memang sudah turun temurun diberikan oleh orang tua di Indonesia.


Kata beliau (b. Sri) selain dapat dijadikan tambahan minuman selain ASI (lebih baik diberikan saat bayi sudah berada diatas 6 bulan) tajin ini ternyata dapat membantu untuk mengatasi dehidrasi saat bayi diare dan jauh lebih baik dibandingkan dengan oralit karena air tajin mengandung glukosa polimer yang mudah diserap. Air tajin selain cepat dicerna, juga mengandung kadar glukosa cukup tinggi, yang akan mempermudah penyerapan elektrolit.

Tajin ini lebih baik daripada oralit karena tajin 2  macam poliglukosa dalam tepung tajin, karena itu tajin dapat menyebabkan feses lebih padat. Terlebih lagi di dalam  tajin ada kandungan proteinnya, yaitu 7 - 10 %. Sedangkan garam oralit tidak mengandung protein. Penggunaan air tajin menurut beliau sebagai "obat diare" tidak berbahaya untuk bayi sekalipun.

Tajin yang baik itu bagaimana? menurut beliau tajin yang paling baik itu berasal dari beras yang belum dislep alias masih ada kulit arinya jadi vitamin yang bermanfaat masih banyak terkandung di beras tersebut. 

Nah tertarik untuk membuatnya?
Kalau anda tertarik untuk membuatnya silahkan baca dan pelajari cara membuatnya Tajin Ala Magetan di bawah ini:

Bahan:
1 genggam beras (pilih yg masih ada kulit ari nya)
2 gelas air

Cara membuat:
  • Cuci bersih beras sampai bersih, lalu tiriskan
  • Tempatkan di panci atau baskom , tambahkan air, dan rebus.
  • Aduk-aduk sesekali, sampai mengental.
  • Angkat, saring. Jangan sampai terlalu kental karena akan sulit menyaringnya
  • Dinginkan, dan sajikan segera.

Sumber :
Sumber: Ibunda tercinta Sarmijatun

4 komentar:

Kebiasaan untuk membuat dan memberikan Tajin kepada anak tampaknya hampir punah dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai produk pabrikan dan instan ada disekitar kita yang siap untuk dikonsumsi. Sedangkan 'menu tradisi nenek kita' banyak yang sudah ditinggalkan oleh generasi sesudahnya. Cara membuat Tajin ala Magetan ini mengingatkan kepada kita akan 'menu spesial' tempo doeloe yang juga bermanfaat. Terima kasih. Salam sukses Sobat.

Resep orang dahulu bukanlah resep kuno, dan kadang kala menjadi resep yang baru di masa yang akan datang, sederhana, murah dan jitu. Terimakasih kembali ane ucapkan kedapada anda

q dulu juga sering makan tajin mas bro...enyak2 pokoke.. tajin rasa stroberi ada ga ya mas bro :-)

Ide yang menantang, tentunya bisa mas broo, tinggal maunya di tambahin buah strowbwry, atau essen strowberi, atau dengan rasa yang lain.

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More