Sate Kambing Mbah Sarwo Magetan

Sate Kambing Mbah Sarwo ini memiliki cita rasa tersendiri, diantara yang membedakan antara Sate Kambing Mbah Sarwo dengan sate kambing lainnya adalah tampilan satenya lumayan besar-besar, dan dagingnya empuk, serta rasanya gurih.

Asal mula penamaan desa Tambran

Tambran dahulunya adalah merupakan tanah perumahan kabupaten Magetan yang pertama kali, yaitu pada masa Bupati Yosonegoro tahun1675 M.

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan Magetan terletak di kelurahan Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir.

Pelatihan dan Sosialisasi Internet Sehat di Gubuk Internet Sundul

Pelatihan dan Sosialisasi Internet Sehat ini di prakarsai oleh para pemuda penggiat dan pengguna online di desa Sundul kecamatan Parang Kabupaten magetan.

Rumah Makan Suminar

Rumah Makan Suminar adalah Rumah Makan spesialis Gurami bakar di Magetan.

Friday, June 29, 2012

Pasar Buah (Agrowisata) di Magetan

Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kini memiliki pasar agrowisata. Pasar yang diresmikan Rabu (3/5/2012) ini bertujuan membuka akses bagi petani jeruk pamelo Magetan.
Bupati Magetan Sumantri mengatakan melalui pasar ini, petani diharapkan langsung menjual hasil panen ke konsumen tanpa melalui tengkulak. Sehingga harga yang diperoleh petani jauh lebih besar dibandingkan menjual kepada tengkulak.
Pasar agrowisata dibangun mulai 2010 dengan sumber pendanaan dari APBD Kabupaten Magetan. Biaya yang dihabiskan sekitar Rp 200 juta. Kabupaten Magetan merupakan sentra jeruk pamelo dengan produksi mencapai 30 juta buah per tahun (sumber: Kompas)

Melihat tulisan diatas,saya ikut bangga para pemimpin Kabupaten Magetan kita yang tercinya ini peduli dan memikirkan para petani jeruk di Kabupaten Magetan.
Kalau melihat kenyataannya seperti gambar di postingan ini, saya jadi heran apa sih yang dipikirkan oleh para pemimpin Kabupaten Magetan ini? seriuskah tekat para pemimpin Kabupaten Magetan kita ini?  layakkah 200 juta untuk menghabiskan proyek seperti ini? kenapa hanya pamelo, padahal jenis jeruk kan banyak? kenapa tidak di pasar sayur aja sekalian jadi pasar sayur dan buah, para pembeli yang belanja sayur sekalian bisa beli buah?!
Ya mudah mudahan pemimpin kita sungguh-sungguh melaksanakan program pengadaan pasar buah (agrowisata) di Magetan ini.
Ya mudah mudahan...
 Pasar Buah (Agrowisata) di Magetan...hem

Tikungan Maut Seblathok Magetan

Tikungan Maut Seblathok Magetan itu berada antara kota Magetan dengan kecamatan Parang, tepatnya di kilometer 5 selatan Magetan. Kuingatkan sobs kalau lewat jalan raya ini untuk meningkatkan kewaspadaan penuh, karena ada Tikungan Maut Seblathok Magetan.Kewaspadaannya bukan hanya pikiran, mata, tetapi juga hati serta indera yang ke enam atau mungkin ke tujuh, sebab Tikungan Maut Seblathok Magetan tidak kelihatan oleh mata biasa kalau menikung tajam, tetapi sesungguhnya tikungan di situ sangatlah tajam. 

Ok sobs, hati-hati ya,dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat atau naik kendaraannya. Kalau sobat sudah berhati-hati dan tetap terjatuh di Tikungan Maut Seblathok Magetan itu berarti sudah nasib anda, mudah mudahan segala dosamu diampuni Tuhan. amin.

Thursday, June 28, 2012

Kantor Bupati Magetan

Setiap hari pukul 06.15 WIB aku lewat depan Kantor Bupati Magetan, yang kulihat hanya pasukan kuning yang sedang membersihkan setiap sudut jalan.
Setiap kali aku lewat depan Kantor Bupati Magetan, aku juga teringat waktu TK (Taman Kanak-kanak)dan SD (Sekolah Dasar) di tanya ibu guruku;"kamu kalau sudah besar cita-citamu kepengin menjadi apa mas?" aku pun menjawab dengan penuh keyakinan; "Presiden bu!, walaupun sebenarnya aku juga tidak tahu presiden itu apa? hemm. Saat ini pun aku bertanya-tanya kenapa dulu aku kepingin menjadi Presiden ya?!, kenapa cita-citaku tidak menjadi bupati Magetan saja! itu kataku dalam benak dan pikiranku lho.
Kalau aku menjadi bupati Magetan apa yang akan kulakukan ya? hmm mungkin aku akan mengunjungi rakyat Magetan, dan melihat langsung siapa rakyatku yang miskin, tidak punya pekerjaan, tidak cukup untuk makan, kurang sehat,tidak bergizi dan lain-lain.
Kalau aku menjadi Bupati Magetan, aku akan menyisihkan setertiga gajiku untuk kesejahteraan rakyatku dan akan mengajak para bawahanku juga melakukan demikian.
Kalau akau menjadi Bupati Magetan, aku akan menaikkan gaji para pendidik, karena para pendidik adalah aset bangsa yang sangat penting. Tentara yang mendidik adalah guru, Polisi yang mendidik adalah guru, Aparatur negara yang mendidik juga guru, bahkan Bupati sebagai pemimpin juga di didik oleh guru.
Kalau aku menjadi Bupati Magetan aku akan mempromosikan, dan meningkatkan pariwisata kota magetan, baik dari Agrowisata, Pariwisata, Wisata Kuliner, Wisata kesenian budaya dan masih banyak lagi yang tersimpan dalam pikiranku. Kalau aku menjadi Bupati Magetan aku akan menjadikan alu-alun menjadi taman wisata bagi keluarga, bagi anak-anak dan bagi pedagang kaki lima. Semua rakyat setiap minggu berduyun-duyun ke alun-alun kota magetan untuk berwisata, melepaskan lelah, bermain dan bergembira. Para penjual Soto,bakso, mie ayam, mie goreng, sate ayam, sate kambing, sate kelinci, es teh, es juice, bebek goreng, gurami bakar, gurami goreng, keripi singkong, dan seterusnya kebanjiran order dari pembeli, tukang parkir mendapat keuntungan banyak,dan masih banyak yang tidak bisa kusebutkan, semua ikut bergembira. 
Eh jadi kelupaan sobs, Kantor Bupati Magetan berada di Jalan Basuki Rahmat Timur No. 1 Magetan, Propinsi Jawa Timur. 
Kantor Bupati Magetan gedungnya megah, yang dibangun dari uang rakyat lho sobs. Cuman rakyat yang memilikinya, malu dan takut untuk berkunjung ke sana. 
Mudah mudahan dengan megahnya Kantor Bupati Magetan, Bupati Magetan dapat berpikir dengan megah dan gemilang, sehingga rakyat magetan menjadi tenang dan ngumandang. 
Jadi sobat Blogger apabila bingung mencari Kantor Bupati Magetan, jangan lupa Kantor Bupati Magetan berada di Jalan Basuki Rahmat Timur No. 1 Magetan, Propinsi Jawa Timur.

Tuesday, June 26, 2012

Superman Penjual Tape

Di pagi hari ini badanku lesu rasanya dan tak ingin melakukan aktifitas apapun. Pekerjaan menumpuk belum terselesaikan, ada perintah baru tuk mengerjakan tugas baru yang gak jelas perintahnya, Pemimpin yang hanya sukanya memerintah anak buahnya, dan anak buah yang suka mencari perhatian kepada atasan, setiap hari itu yang ku temui dan kulihat.
Banyak sih kawan-kawanku yang berkeluh kesah dengan pekerjaannya, termasuk aku. Aku tahu dan menyadari semua pekerjaan memang harus dengan tulus dan cinta untuk melaksanakannya, namun hatiku terasa berat tuk melaksanakannya.

Dihari ini ada pendataan dari surabaya dan aku banyak sekali kekurangan untuk mengisi biodata, termasuk aku belum punya foto, maka dari itu aku minta bantuan sahabat karibku mr. Sagung untuk memotretku plus selakalian pinjam bajunya, karena aku tidak membawa baju abu-abu untuk syarat melengkapi data tersebut. Kenapa sih informasi dari atasan kok tidak begitu jelas dan lengkap.
Tanpa pikir panjang ku meluncur ke rumah mr. Sagung untuk meminjam baju plus dengan memotretku. Setelah dipotret dan di edit fotoku, meluncurlah aku berdua ke tempat cetak foto.
Akhirnya sampailah aku berdua di tempat cetak foto di jalan A. Yani Magetan, ku sodorkan flashdisk kepada mbaknya yang cetak foto "Mbak tetak foto 3 x 4 delapan lembar" pintaku padanya.
Karena masih antri aku duduk di kursi tunggu, tiba-tiba pandanganku tertuju kepada dua cewek yang mengerumuni seorang kakek yang membawa pikulan. Awalnya aku cuek saja dan tidak begitu perhatian sang kakek tersebut, hingga akhirnya sahabarku berkata "kasihan kakek itu, sudah sangat tua masih jualan!?"
Mataku terus mengamati sang kaket tersebut, hingga dia menawarkan jasanya kepada pemilik toko cuci cetah foto tempat aku mencetak foto.
Ahirnya aku mendekati sang kakek tersebut, "bener sudah sangat tua sekali" kataku dalam hati.
Kusapa sang kakek tersebut :
Saya: Kek jualan apa?
Kakek: Tape mas, mau beli?!
Saya: Berapaan satu bungkus begini kek?
Kakek: dua ribu mas!
Lalu ku tanya lagi kepada sang kakek tersebut!
Saya: Namanya siapa kek?
Kakek: Sumadi mas?
Saya: Tempat tinggalnya di mana kek?
Kakek: Kendal mas.
Saya: Kendal...???
Kendal itu adalah salah satu kecamatan di ngawi, dan lokasinya sangat jauh dari kota magetan. Aku bertanya di dalam hati, "masa mengangkat dua keranjang dan berjalan dari Kendal kota Ngawi..wah kuat sekali kakek ini?".
Lalu  kakek sumadi  tersebut ku tanya kembali:
Saya: Sejak kapan kakek berjualan?
Kakek Sumadi: Sejak jaman jepang! sambil tak percaya aku memastikan dan menegaskan pertanyaanku kembali
Saya: Jualan tape di Magetan ini, sejak jaman jepang?
Kakek Sumadi: ya
Jawaban kakek sumadi ini menyebabkan aku tertegun, dan berpikir. Aku berkata dalam hati; "aku baru lima tahun bekerja saja sudah banyak mengeluh, sedang kakek Sumadi sudah lebih dari 60 tahun berjualan tape dan tidak terpersit susah dan menyesal di wajahnya!"
Kakek sumadi engkau berjualan tape selama itu, tak dapat kubayangkan bila aku yang berjualan tape selama itu?
Wah kakek kusebut engkau pahlawan bagi keluarga dan bangsamu!. kusebut engkau Superman penjual tape. Engkau sangat kuat, semangatmu bagaikan api yang membara, tekatmu keras bagaikan baja, engkau Superman Penjual tape di Magetan.
Kakek Sumadi engkau Superman penjual tape di Magetan, semoga jerih payahmu ini menjadi inspirasi bagi siapa saya yang malas bekerja seperti saya ini.
Aku sekarang menyadari bahwa bekerja bukan hanya sekedar mencari untung berupa materi, namun bekerja untuk kebahagiaan dan menikmati pekerjaan tersebut.
Semangat Superman Penjual Tape!...tanks broo, atas nasehat dan traktiran makan siangnya di Jeng Sri...
Semangat Superman penjual tape !

Sunday, June 24, 2012

Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan

Kolam Renang Tirta Naga Sari adalah salah satu kolam renang di Magetan yang menjadi obyek wisata di Magetan.Kolam Renang Tirta Naga Sari berada di Jl. Cepoko, Desa Cepoko Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.
Memang jaman sekarang banyak manusia yang sibuk akan pekerjaannya, sehingga menjadi setres, maka sangat dibutuhkan tempat dengan suasanya yang tenang atau nyaman untuk menenangkan pikiran, sehingga dapat meringankan atau bahkan menghilangkan stres yang melanda pikiran.
Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan menawarkan tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga tak ada salahnya saya merekomendasikan tempat ini.
Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan menyediakan kolam renang yang luas uantuk anak-anak, remaja, dewasa, dan bagi keluarga.
Kolam Renang Tirta Naga Sari juga menyediakan wahanya permainan tambahan bagi anank-anak, seperti mandi bola, kereta, kano, dan perahu angsa atau bebek.
Berenang memang olah raga yang direkomendasikan untuk kesehatan fisik, pikiran, maupun jiwa, sehingga sangat perlu disediakan tempatnya seperti Kolam Renang Tirta Naga Sari.
Ssetelah selesai berenang dan bermain tentunya badan menjadi lemas, lapar dan haus. Jangan hawatir karena di area Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan juga disediakan rumah makan yang menyediakan segala kebutuhan perut anda, seperti bakso, ikan bakar, ayam bakar, batagor dan sebagainya.
Klo saya memang suka bakso, jadi setelah berenang perut jadi keroncongan, tanpa pikir panjang yang pesan bakso dan santap aja, rasanya pasti enak.
Oh iya sangking keasyikan berinfo ria lupa ngasih tahu berapa tiket masuknya!. Biaya tiket masuk ke Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan adalah @ Rp. 5.000, anda bisa sampai puas bermain di dalam Kolam Renang Tirta Naga Sari Magetan. Dengan Rp. 5000 anda boleh bermain dan berenang sepuasnya, sampae sore juga boleh, sampai tertidur juga boleh, asal jangan sampai mati nanti ngrepotin pemilik kolam renangnya.
Oke Sob, Jangan berpikir terlalu lama, apabila ada musim liburan jadikan Kolam Renang Tirta Naga Sari menjadi salah satu agenda wisata anda. Kalau anda tertarik berkunjung kami siap menjadi Penunjuk jalannya, selamat berekreasi dengan keluarga anda.

Friday, June 22, 2012

Rumah Makan Suminar

Rumah  Makan Suminar adalah Rumah Makan spesialis Gurami bakar di Magetan. Kita tahu bahwa gurami adalah salah satu jenis ikan air tawar yang lezat rasanya. Rumah Makan Suminar berada di Jalan Panglima Sudirman No.02 Kabupaten Magetan Propinsi Jawa Timur
Bagi yang menyukai wisata kuliner tak ada salahnya berkunjung ke Magetan untuk mencoba merasakan lezatnya makan Gurami Bakar di Rumah Makan Suminar Magetan Jawa Timur
Rumah Makan Suminar Magetan Jawa Timur lokasinya mudah dicari, tempatnya sejuk, nyaman,dan asri serta tempat parkirnya  juga luas dan aman.
Jangan khawatir bagi yang kepingin  buang air kecil dan besar di Rumah Makan Suminar Magetan Jawa Timur juga menyediakan toilet yang bersih.
Rumah Makan Suminar Magetan Jawa Timur juga melayani pesanan untuk rapat dan lain lain. Rumah Makan Suminar Magetan Jawa Timur menyediakan beberapa menu, yaitu:
A. Makanan
Gurami Bakar=Rp. 4000/ons
Gurami Goreng=Rp. 4500/ons
Gurami Miri Pedas=Rp. 4500/ons
Ayam Goren=Rp.12.000
Ayam Bakar=Rp.12.000
Kepala Ayam Goreng=Rp. 7000
Ampela Ati=Rp. 7000
Lele Bakar=Rp 9000
Nasi Putih 1 porsi= Rp. 2000
Nasi Putih Wakul Kecil=Rp.10.000
Nasi Putih Wakul Sedang=Rp.15.000
Nasi Putih Wakul Besar=Rp.20.000
Urap-urap=Rp.5000
Ca Kangkung=Rp.6000
Ca Sawi=Rp.6000
Sayur Asem=Rp.4000
Asem-Asem Ceker=Rp.7000
Sambal Bawang= Rp.2.500
Sambal Kecap=Rp.2.500
Sambal Lombok Ijo=Rp.2.500
Pete Bakar=Rp.5000
Pecel Lele=Rp.9000
Nasi Rawon=Rp.8000

Teh Botol Sosro=Rp.2.500
Fruit tea Botol=Rp.2.500
Joy Tea Sosro=Rp.2.500
Mega Mendung=Rp.7000
Susu=Rp.4000
Coffe Cream=Rp.5000
Kopi Murni=Rp.4000
Tomat=Rp.3000
Jeruk=Rp.3000
Blewah=Rp.3000
Lemon Tea=Rp.3000
Sirup=Rp.3000
Teh=Rp.3000
Joshua=Rp.3000
Soda Gembira=Rp.7000
Coca Cola=Rp.5000
Fanta=Rp.5000
Spite=Rp.5000

Hot Drink
Wedang Susu=Rp.3000
Kopi Ginseng=Rp.5000
Kopi Susu=Rp.4000
Kopi Murni=Rp.2.500
Kopi Jahe=Rp.3000
Kopi Susu Jahe= Rp.4000
Wedang Jeruk=Rp.2.500
Wedang Tomat=Rp.2000
Wedang Jahe=Rp.2.500
Lemon Tea=Rp.2.500
Teh=Rp.500
Susu Jahe=Rp.3000
Teh Jahe=Rp.2000

Aneka Juice
Juice Alpokat=Rp.5000
Juice Jeruk=Rp.4.500
Juice Tomat=Rp.4000
Juice Jambu Biji=Rp.4.500
Juice Sirsat=Rp.4.500
Juice Nanas=Rp.4.500
Juice Blewah=Rp.4.500

Buah Segar
Melon=Rp.3000
Semangka=Rp.3000

Monday, June 18, 2012

Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan

Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan

Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan adalah nama sebuah pekuburan yang  berada di Jalan Pahlawan Magetan, dan di khususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk pahlawan nasional, serta anggota militer.
Letak Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan berada di sebelah selatan Rumah sakit Magetan, sebelah barat gedung DPRD Kab. Magetan dan Gor Ki Mageti.
Lebih dari 144 lebih pahlawan dikuburkan di Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan ini, termasuk korban keganasan G30 S PKI.

Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan sering dikunjungi para penziarah di kala hari-hari besar pahlawan, termasuk para pejabat,  instansi pemerintah dan sekolah-sekolah di sekitar kabupaten Magetan

Taman Makam Pahlawan Yudhonegoro Magetan bisa di jadikan alternatif wisata bagi yang ingin dan suka belajar sejarah

Sunday, June 17, 2012

Wana Wisata Mojosemi Magetan

Pintu dari arah Sarangan
 Wana Wisata Mojosemi Magetan itu adalah sebutan suatu tempat di Magetan, yaitu di sebelah selatan gunung lawu, utaranya telaga sarangan, tepatnya di Mojosemi Sarangan Magetan.
Pintu dari arah Cemoro Sewu
Wana Wisata Mojosemi Magetan tempatnya masih sangat alami, pohon  besar dan rindang masih mendominasi  pandangan mata, pemandangannya indah, suasananya jauh dari kebisingan, nyaman, tenang, udaranya sejuk dan menentramkan jiwa.
Wana Wisata Mojosemi Magetan menyediakan tempat yang luas dan survival bagi lembaga, maupun perorangan untuk mengadakan acara camping, pengenalan alam dan habitatnya, latihan mandiri, penelitian alam, explorasi pemikiran tentang penciptaan alam
Bagi yang suka out bond, di Wana Wisata Mojosemi Magetan juga tersedia, tempat masih luas, pohon besar dan menjulang tinggi sangat cocok untuk flying fox.
Wana Wisata Mojosemi Magetan menyediakan ruang untuk pertemuan

Wana Wisata Mojosemi Magetan dilengkapi MCK toilet dan kamar mandi yang cukup memadai.
Wana Wisata Mojosemi Magetan menyediakan sarana tempat ibadah yang cukup luas untuk berjamaah.


Maka tak ada salahnya anda berkunjung ke Wana Wisata Mojosemi Magetan untuk berwisata, camping, out bond,pengenalan alam atau hanya sekedar menenangkan pikiran anda dari segala kepenatan bekerja sepanjang hari. Selamat ber wisata.

Wednesday, June 13, 2012

Bebek Goreng Kremes Sido Mampir


Bebek Goreng Kremes / krispi itulah adalah menu andalan warung "Sido Mampir" Magetan. Warung Sido Mampir berjualan tepatnya di pinggiran timut jalan Selosari Magetan Jawa timur. Warung Sido Mampir buka mulai sekitar pukul 18.00 sampai 22.00 WIB, bahkan terkadang sudah tutup lebih awal, dikarenakan sudah habis diserbu para pelanggan.
Menu yang di sediakan di warung  Sido Mampir antara lain bebek goreng kremes, lele kremes, ayam goreng kremes, burung dara goreng kremes, lele goreng kremes, tempe goreng kremes, dan tak lupa untuk menambah cita rasa dan menambah lezatnya makan  bebek goreng kremes, lele kremes, ayam goreng kremes, burung dara goreng kremes, lele goreng kremes, dan tempe goreng kremes  di dampingi dengan nasi uduk, yaitu nasi yang sudah di bumbui santan, garam dan resep rahasia lainya.
Nasi uduk inilah yang menambah nikmat dan lezatnya menyantap  bebek goreng kremes, lele kremes, ayam goreng kremes, burung dara goreng kremes, lele goreng kremes,dan tempe goreng kremes. 
Selain itu untuk menambah lezatnya menyantap  bebek goreng kremes, lele kremes, ayam goreng kremes, burung dara goreng kremes, lele goreng kremes, dan tempe goreng kremes di padukan dengan lalapan.
Untuk menikmati menu  bebek goreng kremes, lele kremes, ayam goreng kremes, burung dara goreng kremes, lele goreng kremes, dan tempe goreng kremes ini anda tidak terlalu dalam anda merogoh kocek anda, yaitu berkisar 12 ribuan plus dengan teh hangat.
Bagi anda yang kepingin ber wisata kuliner di Magetan, anda wajib mengunjungi warung Sido Mampir ini.


Friday, June 8, 2012

Tugu Soerjo Magetan


Untuk mengenang jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Kabupaten Magetan membuat tugu yang dinamakan tugu bundaran Soerjo dekat alun-alun Kabupaten Magetan.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo (biasa dikenal dengan nama Gubernur Soerjo); Magetan, 9 Juli 1895 – Bago Kedunggalar, Ngawi, 10 September 1948 adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau adalah Gubernur pertama Jawa Timur.R.M. T Soerjo membuat perjanjian gencatan senjata dengan Komandan pasukan Inggris Brigadir jendral Mallaby di Surabaya pada tanggal 26 Oktober 1945.
Tanggal 10 September 1948, mobil R.M. T Soerjo dicegat pemberontak anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di Kedunggalar, Ngawi. 2 (dua) Perwira Polisi yang lewat dengan mobil ikut ditangkap. Ketiga orang lalu ditelanjangi, diseret ke dalam hutan dan dibunuh. Mayat ke 3 orang ditemukan keesokkan harinya oleh seorang pencari kayu bakar.
R.M.T Soerjo dimakamkan di Kabupaten Magetan. Sebuah Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasanya terletak di Kecamatan kedunggalar Kabupaten Ngawi.

Maka dari itu tak ada salahnya apabila tugu bundaran Soerjo ini kita jadikan tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun non domestik.

Wednesday, June 6, 2012

Bunuh Diri Kali Gandong Magetan

Bunuh diri diartikan suicide (inggris); Kalu di negara Jepang yang saya tahu istilahnya adalah harakiri, kadi bunuh diri adalah adalah sikap mengakhiri hidup nya sendiri tanpa bantuan aktif orang lain. Adapun motif bunuh diri bisa bermacam-macam, namun biasanya didasari oleh rasa bersalah yang sangat besar, karena merasa gagal untuk mencapai sesuatu harapan.

Pada dasarnya, segala sesuatu itu memiliki hubungan sebab akibat (ini adalah sistematika). Dalam hubungan sebab akibat ini akan menghasilkan suatu alasan atau sebab tindakan yang disebut motif.

Motif bunuh diri ada banyak macamnya. Disini penyusun menggolongkan dalam kategori sebab, misalkan :

  1. Dilanda keputusasaan dan depresi 
  2. Cobaan hidup dan tekanan lingkungan. 
  3. Gangguan kejiwaan / tidak waras (gila). 
  4. Himpitan Ekonomi atau Kemiskinan (Harta / Iman / Ilmu)
  5. Penderitaan karena penyakit yang berkepanjangan. 
Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu 
  • egoistic suicide (bunuh diri karena urusan pribadi), 
  • altruistic suicide (bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain), dan 
  • anomic suicide (bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan).

Pagi ini hari Rabu, 6 Juni 2012 di Magetan, tepatnya di kali (sungai) Gandong Magetan terjadi peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang laki laki yang berumur sekitar 40 an asal Jagalan, Kec. Magetan, itu menurut saksi mata yang ada di tempat kejadian perkara.


Tahun 2012 ini sudah terjadi kurang lebih 2 kali kejadian bunuh diri di kali gandon Magetan, oleh sebab itu bapak dan ibu, kerabat saudara untuk lebih memperhatikan sekelilingnya agar kejadian ini tidak terulang kembali. Menurut saya bagaimana jembatan kali gandong ini kita jadikan tempat wisata kota Magetan, misalnya bungee jumping , rayap tebing dll, agar ramai dikunjungi wisatawan, sehingga tidak digunakan untuk bunuh diri. ingatlah bunuh melanggar hak hidup manusia, dan dilarang oleh agama.

Larangan Islam tentang bunuh diri

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." (An-Nisa' : 29) "Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur'an)." (QS. Al-Kahfi ; 6)

Hadits-Hadits tentang larangan bunuh diri

Hadits 86. (Shahih Muslim) Dari Abu Hurairah ra, katanya Rasulullah saw., bersabda : “Siapa yang bunuh diri dengan senjata tajam, maka senjata itu akan ditusuk-tusukannya sendiri dengan tangannya ke perutnya di neraka untuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan racun, maka dia akan meminumnya pula sedikit demi sedikit nanti di neraka, untuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari gunung, maka dia akan menjatuhkan dirinya pula nanti (berulang-ulang) ke neraka, untuk selama-lamanya.”

Hadits 87. (Shahih Muslim) Dari Tsabit bin Dhahhak ra, dari Nabi saw., sabdanya : “Tidak wajib bagi seseorang melaksanakan nazar apabila dia tidak sanggup melaksanakannya.” “Mengutuk orang Mu’min sama halnya dengan membunuhnya.” “Mengadakan tuduhan bohong atau sumpah palsu untuk menambah kekayaannya dengan menguasai harta orang lain, maka Allah tidak akan menambah baginya, bahkan akan mengurangi hartanya.”

Hadits 88. (Shahih Muslim) Dari Tsabit bin Dhahhak ra, katanya Nabi saw., sabdanya : “Siapa yang bersumpah menurut cara suatu agama selain Islam, baik sumpahnya itu dusta maupun sengaja, maka orang itu akan mengalami sumpahnya sendiri. “Siapa yang bunuh diri dengan suatu cara, Allah akan menyiksanya di neraka jahanam dengan cara itu pula.”


Hadits 89. (Shahih Muslim) Dari Abu Hurairah ra, katanya : “Kami ikut perang bersama-sama Rasulullah saw., dalam perang Hunain. Rasulullah saw., berkata kepada seorang laki-laki yang mengaku Islam, “Orang ini penghuni neraka.” Ketika kami berperang, orang itu pun ikut berperang dengan gagah berani, sehingga dia terluka. Maka dilaporkan orang hal itu kepada Rasulullah saw., katanya “Orang yang tadi anda katakan penghuni neraka, ternyata dia berperang dengan gagah berani dan sekarang dia tewas.” Jawab Nabi saw., “Dia ke neraka.” Hampir saja sebahagian kaum muslimin menjadi ragu-ragu. Ketika mereka sedang dalam keadaan demikian, tiba-tiba diterima berita bahwa dia belum mati, tetapi luka parah. Apabila malam telah tiba, orang itu tidak sabar menahan sakit karena lukanya itu. Lalu dia bunuh diri. Peristiwa itu dilaporkan orang pula kepada Nabi saw. Nabi saw., bersabda, : “Kemudian beliau memerintahkan Bilal supaya menyiarkan kepada orang banyak, bahwa tidak akan dapat masuk surga melainkan orang muslim (orang yang tunduk patuh).

Hadits 90. (Shahih Muslim) Dari Syaiban ra., katanya dia mendengar Hasan ra, bercerita : “Masa dulu, ada seorang laki-laki keluar bisul. Ketika ia tidak dapat lagi menahan sakit, ditusuknya bisulnya itu dengan anak panah, menyebabkan darah banyak keluar sehingga ia meninggal. Lalu Tuhanmu berfirman : Aku haramkan baginya surga.” (Karena dia sengaja bunuh diri.) Kemudian Hasan menunjuk ke masjid sambil berkata, “Demi Allah! Jundab menyampaikan hadits itu kepadaku dari Rasulullah saw., di dalam masjid ini.

Tuesday, June 5, 2012

Bakso Istiroso

Semua Orang pasti pernah mendengar kata "Bakso". Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. 

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.


Di Magetan banyak penjual bakso, diantaranya "Bakso Istiroso" yang terdapat di Jl. Panglima Sudirman Magetan, menghadap ke utara, berada sebelah barat jalan raya.
Menu yang tersedia di Bakso istiroso adalah: Bakso Jumbo=Rp. 7.000, Bakso Bakar=Rp. 7.000, Bakso Biasa=Rp. 6.000, Bakso Rusuk=Rp. 9.000, Mie Ayam=Rp. 5.000, Es Teh=Rp. 2.000,Es Jeruk=Rp. 3.000,Teh Panas=Rp. 2.000,Jus Panas=Rp. 3.000.
Bagi yang suka kuliner tak ada salahnya mencoba Bakso Istiroso ini. Silahkan berkunjung ke magetan untuk wisata kuliner.

Monday, June 4, 2012

Rumah Makan Dara



Di Kabupaten Magetan banyak sekali bertebaran Rumah Makan yang wajib anda kunjungi, salah satunya adalah Rumah Makan Dara. Di Rumah Makan Dara banyak menu yang ditawarkan di sana.

diantaranya adalah:
A.MIE

  • Pangsit MIE Bakso Dara = Rp. 8.500
  • Pangsit MIE Ayam Dara = Rp. 6.000
  • Pangsit MIE Ikan Dara = Rp. 7.500
  • Pangsit MIE Sapi Dara= Rp. 8.000

B.BAKSO
  • Bakso Original Dara= Rp. 6.000
  • Bakso Campur Dara= Rp.8.000
 

C.PEMPEK
  • Tenggiri Dara = Rp. 6.000
  • Udang Dara = Rp. 6.000
  • Cumi-cumi Dara = Rp. 6.000
  • Bola Goren Dara= Rp. 6.000
  • Campur  = Rp. 9.000

D.JUS
  • Jambu Merah=Rp.5.000
  • Tomat=Rp.5.000
  • Semangka=Rp.5.000
  • Jeruk=Rp.5.000
  • Pepaya=Rp.5.000
  • Melon=Rp.5.000
  • Sirsat=Rp.5.000
  • Alpukat=Rp.6.000
  • Tomjer=Rp.5.000

E.BURGER
  • Original Burger=Rp. 8.500
  • Cheese Burger=Rp. 10.500
  • Egg Burger=Rp. 10.000
  • dst.




Alun-alun Magetan

Alun-Alun Magetan
Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yangluas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam.
Pada awalnya Alun-alun merupakan tempat berlatih perang (gladi yudha) bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah (sabda) raja kepada kawula (rakyat), pusat perdagangan rakyat, juga hiburan seperti "rampogan" acara yang menarik dan paling mendebarkan yaitu dilepaskannya seekor harimau yang dikelilingi oleh prajurit bersenjata.
Alun-alun Magetan
Alun-alun Magetan terletak di tengah kota Magetan, sebelah timurnya Masjid Agung Magetan, sebelah utaranya Pendopo Kabupaten Magetan, sebelah Baratnya Kantor bupati Magetan.
Biasanya di setiap kegiatan kabupaten Magetan di pusatkan di alun-alun ini, seperti Hari Ulang Tahun Magetan, grebeg suro dan sebagainya.
Lomba, festifal, perayaan, upacara kenegaraan, sering pula di laksanakan di alun-alun Magetan ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More