Monday, January 14, 2013

Asal usul desa Dukuh Kecamatan Bendo Magetan

Magetan Mu| Asal usul desa Dukuh Kecamatan Bendo Magetan. Dukuh adalah nama salah satu desa di wilayah Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.

Menurut sumber yang yang kami dapat dari cerita orang-orang tua di desa Dukuh bahwa asal usul desa Dukuh Kecamatan Bendo Magetan adalah sebagai berikut:

Dahulu tempat itu (Dukuh) berwujud hutang yang sangat lebat dn banyak sekali binatang buasnya, sehingga tak seorangpun berani merambahnya. Tempat itu selain banyak binatang buasnya juga sulit untuk di masuki karena banyak pohon-pohon besar dan berduri.

Pada suatu ketika datanglah seorang pengembara dari Jawa Tengah yang tidak diketahui namanya. Pengembara tersebut sebenarnya bermaksud menyebarkan agama Islam, dari satu tempat ke tempat yang lain. Pengembara itu sampai ketempat itu (Dukuh) berusaha untuk membuat tempat berteduh karena memang belum ada tempat untuk berteduh. Tidak begitu jelas kenapa pengembara itu memilih tempat itu untuk memulai memulai untuk babat hutan, menebang pohon-pohon besar, membabat semak-semak berduri, menghalau binatang buas yang suka mengganggu, agar mereka bisa menciptakan lahan untuk pemukiman di tempat itu.

Dari sekian pohon-pohon besar yang di tebang itu, yang paling banyak di tebang adalah pohon SUKUH dan pohon RANDU, sehingga membuat mereka heran kenapa sekian pohon besar yang terdapat dan banyak tumbuh adalah pohon sukuh dan randu.

Dikarenakan kejadian itu sang Pengembara tersebut akhirnya berkata: "Kalau tempat ini sudah tertata sebagai pemukiman dan dapat di gunakan untuk berteduh, akan saya namakan tempat ini DUKUH". Kata dukuh ini singkatan dari ranDU dan suKUH.


6 komentar:

Wah jadi gitu to cerita asal usul desa Dukuh! Semoga semua asal usul desa di magetan dapat di posting ya! semangat

Amat menarik membaca asal-usul suatu tempat seperti Desa Dukuh, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur ini. Waktu terus 'berputar' mengikuti aktifitas kita sehari-hari. Betapa berjasanya leluhur kita dahulu kala berjuang diatas bumi ini. Sudahkah kita ingat dengan mereka ? Salam cemerlang.

Salam Jos juga kepada Pak Herdoni!

Wah ceritanya menarik banget... Apakah sekarang masih banyak juga pohon sukuh dan randu yang besar di desai tu mas???

Waahhh saya baru tau sejarah desa saya ini hehehe...
salam hangat dari anak Dukuh

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More