Monday, January 21, 2013

Asal usul desa Geplak Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan

Go to Magetan| Asal usul desa kali ini membahas tentang : Asal usul desa Geplak Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.

Awalnya desa Geplak ini adalah nama dukuhan yang masuk wilayah desa Palem, yang akhirnya pada tahun 1870 M memisahkan diri dari desa palem dan berdiri sendiri menjadi desa.

Asal nama Geplak tersebut di awali dari yang namanya Panji Surowani. Panji Surowani ini adalah pelarian dari Jawa Tengah karena di kejar-kejar oleh penjajah Belanda. Panji Surowani ini adalah dahunlunya salah seorang prajurit Pangeran Diponegoro. Karena Pangeran Diponegoro tertangkap dan terbunuh oleh belanda, para pengikutnya kocar kacir dan mencari tempat persembunyian, termasuk Panji Surowani.


Dalam pelariaannya, Panji Surowani tersebut menetap di sebuah hutan belantara dan mulai babat hutan untuk berteduh. Panji Surowani tersebut tidak hanya membuat rumah untuk berteduh, namun juga membuka lahan hutan untuk pertanian.

Tidak berapa lama banyak pelarian dari jawa Tengah juga ikutan berbondong-bondong datang ke tempat lahan baru tersebut, dan semakin lama semakin banyak jumlahnya. Para pendatang ini sangat terampil dan rajin dalam bekerja. Selain mereka terampil babat hutan untuk membuat rumah, bertani di sawah maupun ladang, mereka juga terampil membuat makanan khas jawa tengah yaitu GEPLAK. Geplak adalah makanan khas Jawa tengah yang di terbuat dari tepung beras dicampur parutan kelapa dan gula, yang berbentuk bulatan seperti kelereng besar, kemudian cara memasaknya dikukus.

Karena makanan khas inilah daerah baru tersebut mereka namakan GEPLAK, yang sampai sekarang menjadi nama desa GEPLAK.

Adapun nama-nama kepala desa yang pernah menjabat di Desa Geplak adalah sebagai berikut:
  1. Panji Surowani (1830 -1864)
  2. Kromogolo (1864 - 1888)
  3. Nah (1888 - 1892)
  4. Poncojoyo (1892 - 1933)
  5. Soetoredjo (1933 - 1941)
  6. Ruslan (1941 - 1984)
  7. Rusmiyanto (1984 - 1994)
  8. Pengganti selanjutnya.

Demikian asal usul terjadinya nama desa Geplak Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan

9 komentar:

Wah asyik nie sob blogging sambil promosi daerah sendiri, mantep pokoknya deh :)

Terimakasih atas kunjungan dan suportnya!:)

kunjungan perdana sobat, sambil baca2 :)
visit n koment back y dblogq :)
skalian follow blogq y nanti ak folback

Sebaiknya di sisipkan tanda atau link Sob di postingannya. Artikel seperti ini banyak di incar oleh weblog lain, kadang mereka enggan memberikan asal sumbernya.

Ternyata asal nama desa Geplak dari nama makanan khas yang dibuat oleh penduduk setempat pada saat itu. Tampaknya saat ini tidak ada atau jarang sekali penduduk yang membuat makanan khas tersebut. Apakah bahan bakunya sudah tidak ada lagi ? Pohon kelapanya banyak yang sudah punah ?. Tidak ada lagi generasi penerusnya ? Pemasarannya seret dan sulit ? Untungnya sedikit ? Ayo kita bangun bumi Magetan ini. Masyarakat Magetan yang maju dan sejahtera.

Setuju pak, untuk menuju masayarakat yang sejahtera!

Oo..begitu to ceritanya, baru tahu saya padahal saya lahir dan besar di desa tsb..dan mbah ruslan kades no 6 itu kakek saya...makssih atas sharingnya

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More