Wednesday, January 23, 2013

Asal usul desa Kuwon Kecamatan Karas Kabupaten Magetan

Go to Magetan| Asal usul desa dan kota Magetan kali ini akan bercerita tentang "Asal usul desa Kuwon Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.

Kisah ini berawal di Kabupaten Purwodadi terjadi peperangan antara prajurit Pangeran Diponegoro yang dipimpin oleh Joened melawan kompeni Belanda.

Menurut cerita Joened ini adalah salah satu prajurit andalan Diponegoro yang dibenci dan dicari Belanda untuk di tangkapnya.



Peperangan di Purwodadi inipun sangat sengit, dan berulang kali kompeni belanda dibuat bulan-bulanan oleh prajurit Diponegoro, tapi akhirnya Joened mengalami kekalahan, dan mereka terdesak serta mundur beserta prajurit-prajuritnya.

Akhirnya Joened beserta prajuritnya lari mencari tempat perlindungan dan mendapatkan tempat perlindungan atas petunjuk sesepuh yang alim daerah itu. Joened beserta prajuritnya disarankan oleh sesepuh tersebut untuk segera meninggalkan Purwodadi dan minggir kearah barat. Untk selanjutnya pesan sesepuh tersebut, apabila telah sampai pada tempat yang banyak batu-batunya(berbatu-batu), supaya berhenti dan beristirahat serta berlindung.

Ternyata betul petunjuk sesepuh tersebut di jalankan oleh Joened dan prajuritnya, dan ternyata setelah minggir kearah barat Joened dan prajuritnya menemukan daerah yang persis seperti petunjuk tersebut. Daerah itu masih berupa hutan yang berbatu-batu, dan sangat tepat dan aman untuk berlindung.

Belanda yang mengejar Joened dan prajuritnya akhirnya kehilangan jejak dan kembali ke markasnya. Adapun Joened dan prajuritnya melai babat hutan untuk membuat tempat tinggal di hutan yang berbatu tersebut. Akhirnya tempat tinggal baru tersebut oleh Joened dengan nama "PAKUWON" tyang artinya tempat istirahat dan berlindung. 

Adapun kepala desa Kuwon yang berdasarkan pilihan Desa secara berturut-berturut adalah:
  1. Mbah Mengguk, terkenal dengan sebutan Jogo Ithi (sekitar tahun1850)
  2. Palang I (Tidak diketahui namanya)
  3. Palang II (Cokro Legono)
  4. Cokro Dongso
  5. Mbah Lan
  6. Hiro Kromo
  7. Dono Rejo
  8. Sono Rejo(1911 - 1955)
  9. Suyono (1955 -1990)
  10. Abdul Mukti(1990-1998)
  11. Lurah berikutnya


Demikian asal usul nama desa Kuwon Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan

8 komentar:

wah ada asal usulnya jg ya, jadi tau
klo desa pelem apa deket dari kuwon? ane punya sdr di desa pelem

Terima kasih infonya. Cerita babad bumi Magetan menarik untuk diketahui. Dengan adanya pemekaran kecamatan, saat ini Desa Kuwon masuk wilayah Kecamatan Karas. Kuwon dari kata Pakuwon artinya tempat istirahat dan berlindung. Info yang menarik untuk disimak. Konon setelah ditangkapnya Pangeran Diponegoro oleh Kompeni Belanda banyak para prajuritnya yang menyingkir diantaranya ke arah Jawa Timur. Kita salut dengan semangat perjuangannya dalam melawan penjajahan di bumi pertiwi ini. Semangat yang perlu terus digelorakan kepada generasi penerus. Api perjuangan yang tidak pernah padam menuju Indonesia yang makmur, adil dan sejahtera. Salam cemerlang.

Ya lumayan deket akhi, mampir klo sedang berkunjung ke pelem!

Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan hingga saat ini belum usai, diantaranya berjuang melawan kebodohan, berjuang untuk menegakkan keadilan, berjuang melawan penjajahan ekonomi dsb. Trims atas ralatnya dah dibenahi postingannya.

Selamat sore mas Andik..
sekarang aku sudah tahu asal usul nama desa Kuwon dari postingan ini..
trima kasih mas andik, aku jadi bertambah sejarah di dalam negeri..

Desa Kuwon termasuk desa tua ya mas... Daerah sekitar gunung lawu sejak dulu dimanfaatkan untuk basis gerilya, sebagai basis perjuangan.....
Info bermanfaat mas,

Selamat sore juga mas Hakim...selamat berkunjung kembali

Terima kasih pak, selamat datang di blog sederhana ini, semoga keselamatan melingkupi kita semua atas ijin Nya.

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More