Sunday, January 20, 2013

Asal usul desa Tegalarum Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan

Go to Magetan| Asal usul desa dan kota Magetan kali ini masih membahas seputar asal usul desa di kecamatan Bendo, yaitu Asal usul desa Tegalarum Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan

Pada masa pimpinan Mangunrejo, beliau memerintahkan warganya untuk menanam pohon kelapa di tegalan. Hampir tidak ada tegalan yang tidak di tanami pohon kelapa. Di sana sini tampak kelihatan berjajar dan berderetan pohon kelapa.

Pohon kelapa yang di tanam oleh warga tersebut tumbuh dengan subur, dan dalam waktu yang tidak lama pohon kelapa tersebut berbunga serta berbuah. Hanya anehnya, waktu pohon kelapa itu berbunga pertama kali, baunya sangat harum sekali, padahal bunga kelapa itu tidak berbau harum. Bau harum tersebut tidak hanya dapat di rasakan di tegalan saja, tetapi hampir di setiap rumah warga.


Atas keanehan tersebut, Demang Mangunrejo berusaha untuk menyelidikinya, namun dengan segala usaha beliau tidak juga menemukan sebab-sebab keanehan hal tersebut. Maka karena keadaan yang aneh sekaligus mengherankan tersebut, Mangunrejo menamai tempat pemukiman tersebut TEGALARUM, dan hal ini di sepakati oleh rakyatnya. Nama tersebut di gunakan sampai sekarang yang di kenal dengan Desa Tegalarum.

Pohon kelapa yang di tanam oleh rakyat Tegalarum pada ahirnya tumbuh dengan subur dan dapat menambah kemakmuran rakyat desa Tegalarum.

9 komentar:

Jadi rindu dengan pohon kelapa yang begitu banyak seperti beberapa tahun yang lalu.

Ya menam lagi to mas, biar ada pohon kelapanya!hehehe

sekrng mau cari klapa aza susah..gk kayak dulu ..........

Tampaknya dahulu belum banyak hama penyakit tanaman. Begitu alamiah cara bercocok tanamnya. Belum digunakan pupuk kimia, insektisida yang beracun, sebaliknya digunakan bahan organik yang ramah lingkungan. Saat ini pohon Kelapa banyak yang punah habis diserang oleh hama tanaman. Hendaknya dalam menghadapi hama dan penyakit tanaman didekati dengan 'pengendalian hama terpadu'. Hindari bila mungkin bahan beracun atau kimia. Menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. Cara budidaya yang baik. Terima kasih infonya asal-usul Desa Tegalarum. Semoga masyarakatnya dapat membawa nama harum bagi Kabupaten Magetan dengan prestasinya. Salam cemerlang.

Iya sih kang, dah pada mati kena wangwung!

Amin pak, semoga generasi mudanya terinspirasi dengan tulisan ini!

Ngubek-ngubek google, ujung-ujung'e nyasar neng blog'e mas andik, hoho.... Iki desa lahir'e dahlan iskan lho

Selamat datang dik Putri!lama tak jumpa!hehehe

Iya kakek buyutku org dari tegalarum beliau di sebut raden mas wijdoyo ....beliau mempunyai 7 putra ,salah satunya kakeku yg bernama Dharmo Widjoyo semasa aq kecil kakeku bilang di hari yg akan datang manusia makin rakus kayu,batu,pasir di makan.dan itu ternyata bener ....dulu sepanjang jln banyak pohon asem yg rindang sebagai tempat berteduh saat pulang sekolah,di awal 80 a n pohon itu di tebang ,dulu sungai gandong mempunyai batu alam yg besar 2 pasir yg putih ,kedung yg dlm ,kini rusak berantakan rakusnya manusia mengeruk batu dan pasir menyebabkan rusaknya alam.sulit mengembalikan alam ke era th 60,an

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More