Wednesday, January 9, 2013

Asal usul desa Terung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan| Asal Usul Desa dan Kota Magetan kali ini akan memposting Asal usul desa Terung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan.

Kono npda waktu KUSEN, yaitu putra Prabu Brawijaya ke -V yang ahirnya menjadi adipati Terung. Adipai Terung ini melakukan babad hutan untuk membuat tempat pemukiman, dan banyak menemui serta mendapati pohon-pohon yang besar yang di sebut pohon SERUNG, ini menjadikan daerah tersebut di namakan desa SERUNG.


Ketikan KASAN, yaitu saudara KUSEN yang berada di Glagahwangi wilayah Demak akan mendirikan masjid, beliau minta bantuan kepada KUSEN untuk membuatkan sebuah Tiang Pokok atau dalam bahasa jawa disebut Saka Guru. Tetapi ketika di tunggu-tunggu sampai tepat waktu mendirikan masjid itu, tiang pokok yang diharapkan tak kunjung datang, dan ini artinya gagal. Karena kegagalan ini, para ulama Glagahwangi berkata: " Sing ngeteri wurung" (Yang akan mengirimi tiang gagal/tidak jadi), maka ahirnya  dari ucapan para ulama Glagahwangi tersebut desa SERUNG (tempat pemesanan Tiang kepada  Kusen) berubah menjadi desa Terung.

2 komentar:

Aku kira ceritanya ada hubungannya dengan buah terong. hehehe

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More