Sunday, January 6, 2013

Pencurian (Phishing) Akun Facebook!

Magetan Tips - Pencurian (Phishing) Akun Facebook!. Hati-hati bagi anda yang mempunyai akun facebook, sekarang para pencuri (Phisihing) telah merambah ke akun jejaring sosial termasuk facebook. Para pencuri ini ingin anda terjebak dengan tipu daya mereka untuk mengambil user dan pasword anda. Untuk motifnya bisa iseng, ataupun sungguh-sungguh untuk mencuri data anda dan akan digunakan untuk kejahatan.

Ane akan menunjukkan beberapa kejadian dan cara para pencuri ini beraksi. Pada waktu ane membuka facebook ane mendapatkan sebuah pesan dari temen ane Mas Tomy Wardana.  Adapun bunyi pesanya seperti gambar di bawah ini:



Pesan Di minta gabung group palsu

Setelah ane baca bunyi pesanya adalah: gabung dong di group aku. Lalu ane arahkan krusor mouse ane ke ling yang di berikan, namun biasanya ane jarang mengklik link sebelum ane perhatikan link itu mengarah ke mana! e e e ternyata link itu mengarak ke http://faccebokk.use.vv.si/. Dari link ini saja ane sudah curiga karena alamatnya bukan dari jejaring sosial yang terkenal  facebook. Kenapa bisa begitu coba perhatikan gambar di bawah yang menunjukkan alamat asli dari facebook itu.

Alamat facebook Palsu
Alamat facebook Asli

Nah dari sini, anda baru menyadari bahwa Phishing ini berusaha menipu anda dengan mengarahkan kepada alamat yang ia inginkan, dan tertunya adalah halaman Phishing yang mereka buat!.

Dan celakanya bagi anda yang kurang waspada akan membuat anda mempercayai bahwa halaman tersebut asli dari facebook, sehingga anda akan terperangkap dengan memasukkan user name anda beserta pasword anda dan selamat anda telah tertipu dan di suatu waktu anda mendapati facebook anda tidak bisa dibuka kembali.

Dari tulisan di atas ane berpesan hati-hati dalam melakukan pengisian user name dan pasword anda, dan perhatikan dengan seksama alamat sesungguhnya dari halaman tersebut, serta jangan terburu-buru sehingga anda menjadi sasaran empuk bagi para pencuri (Phising).

Sekian postingan ini semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi pada postingan lain di kabupaten magetan.com

2 komentar:

trmksi sobat infonya sangat membantu banget

Waspada dan cermat tidak hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun kita harus bertindak serupa. Selalu mengikuti petunjuk dan peringatan yang diberikan oleh 'yang berwenang'. Waspada dan waspadalah ! Terima kasih atas infonya. Salam cemerlang.

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More