Saturday, February 2, 2013

Asal usul desa Mangkujayan Magetan

Go to Magetan | Asal usul desa dan kota Magetan akan berbagi tentang Asal susul desa Mangkujayan Magetan. 

Desa Mangku Jayan terdiri dari 2 dukuh yaitu dukuh Mangkujayan yang terletah di utara sungai Gandong dan dukuh Kunden yang terletah di sebelah selatan sungai Gandong.

Bagaimanakah cerita tentang terjadinya nama desa Mangkujayan tersebut?! menurut sumber yang di ceritakan kepada kami, cerita asal usul pemberian nama desa Mangkujayan tersebut adalah sebagai berikut:


Desa Mangkujayan dahulu namanya adalah desa Pilang. Nama desa Pilang itu sendiri di ambil dari dua kata yaitu Sapine Ilang, karena di desa ini dahulunya bayak sapi yang hilang, sebab banyak pencuri dan perampoknya. Maka dari itu masyarakat desa Pilang karena menginginkan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman banyak pendudukanya yang pindah ke sebelah barat desa pilang.

Melihat keadaan tersebut lama-kelamaan para pencuri dan perampok di desa Pilang ini bertobat dan berjanji tidak akan berbuat jahat yang meresahkan dan merugikan masyarakat. Nah pada akhirnya penduduk desa Pilang merasa aman, tentram dan dapat mengku (jw. menjaga) desanya dengan baik, hingga sampai kepada kejayaan. Dan dengan kata sepakat dari seluruh warga desa Pilang, nama desa Pilang di ganti dengan nama desa MANGKUJAYAN hingga sekarang ini.


4 komentar:

Ternyata cerita dari desa ke desa semakin menyenangkan untuk diikuti. Menambah wawasan tentang asal usun nama desa.

Aksi kejahatan sudah ada sejak jaman dulu hingga sekarang ini. Semua elemen dalam masyarakat perlu 'menjaga' (mengku) adat istiadat, sopan santun, tata krama, peraturan daerah, dan undang-undang untuk menuju 'kejayaan'. Nilai yang perlu terus dilestarikan sampai nanti. Magetan Kumandang Yen Kabeh Tumandang. Terima kasih infonya yang bermanfaat. Sukses selalu.

Betul mas,ni jadi tertantang juga untuk menyelesaikan projek untuk menulis asal usul desa se kabupaten!

Emang kebaikan itu bersanding dengan kejahatan, namun sebenarnya tidak semua manusia itu menghendaki kebebasannya terganggu, termasuk orang yang jahat! maka yang terpenting adalah kita bebas namun jangan mengganggu kebebasan orang lain! dan salam sukses juga pada anda!

Post a Comment

Etika Berkomentar di blog ini adalah:
1. No Spam
2. No Pornografi
3. No Gambling
4. Jangan menuliskan alamat url anda di dalam teks komentar

Mohon maaf apabila komentar anda tidak kami tampilkan atau kami hapus karena tidak sesuai dengan peraturan yang kami buat!.terima kasih atas kunjuangannya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More