Sate Kambing Mbah Sarwo Magetan

Sate Kambing Mbah Sarwo ini memiliki cita rasa tersendiri, diantara yang membedakan antara Sate Kambing Mbah Sarwo dengan sate kambing lainnya adalah tampilan satenya lumayan besar-besar, dan dagingnya empuk, serta rasanya gurih.

Asal mula penamaan desa Tambran

Tambran dahulunya adalah merupakan tanah perumahan kabupaten Magetan yang pertama kali, yaitu pada masa Bupati Yosonegoro tahun1675 M.

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan Magetan terletak di kelurahan Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir.

Pelatihan dan Sosialisasi Internet Sehat di Gubuk Internet Sundul

Pelatihan dan Sosialisasi Internet Sehat ini di prakarsai oleh para pemuda penggiat dan pengguna online di desa Sundul kecamatan Parang Kabupaten magetan.

Rumah Makan Suminar

Rumah Makan Suminar adalah Rumah Makan spesialis Gurami bakar di Magetan.

Thursday, February 28, 2013

Cerita asal mula Desa Soco Magetan

Go to Magetan| Soco adalah merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Menurut catatan sejarah desa Soco adalah merupakan tempat yang digunakan oleh pemberontak PKI Moeso tahun 1948 untuk membunuh orang-orang yang dianggap menghalangi program PKI. Berpuluh-puluh orang yang tak berdosa dibunuh secara keji dan di luar batas kemanusiaan, yaitu di siksa didalam kereta lalu dimasukkan ke dalam sumur. Untuk mengenang para pahlawan yang gugur di tempat ini Pemerintah Daerah membangun monumen di dua tempat tersebut, yang di namakan monumen Soco I dan monumen Soco II.

Siapakah yang layak menjadi bupati Magetan tahun 2013?

Go to Magetan| Bagi warga Magetan sebentar lagi pemilu akan di selenggarakan untuk menentukan bupati Magetan. Adapun Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS akan di laksanakan pada tanggal  24 April 2013.

Nah siapakah kira-kira calon bupati magetan dari ketiga pasangan calon bupati Magetan ini yang menurut anda layak anda pilih untuk di jadikan sebagai Bupati Magetan tahun 2013 ini.

Saturday, February 23, 2013

Asal mula penamaan desa Nglopang Magetan

Go to Magetan| Desa Nglopang adalah salah satu nama desa di Magetan, tepatnya di Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Desa Nglopang ini adalah satu desa di wilayah kabupaten Magetanyang terletah paling selatan dan menjadi batas antara kabupaten Magetan dengan Kabupaten Ponorogo.

Adapun desa Nglopang ini wilayahnya  dibatasi oleh:
Sebelah Barat: Desa Sayutan
Sebela Timur: Desa Lembeyan
Sebelah Utara: Desa Mategal
Sebelah Selatan: Wilayah Ponorogo

Thursday, February 21, 2013

Wanita Hamil Meninggal di RSUD dr Sayidiman Magetan karena tidak dilayani

MAGETAN - Satu lagi, warga miskin harus meninggal di rumah sakit.

Ny Kurnia Kartika Sari (21), tengah hamil lima bulan yang di diagnosa terkena Demam Berdarah (DB).

Warga Dusun Kunden, Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan/Kabupaten Magetan bulan, meninggal di RSUD dr Sayidiman Magetan setelah tidak mendapat layanan maksimal karena membawa kartu masyarakat miskin (Maskin).

Wednesday, February 20, 2013

Asal mula nama desa Botok Magetan

Go to Magetan| Asal mula nama desa Botok Magetan. Botok adalah salah satu nama desa di Kecamatan Sukomoro Magetan, yang di batasi oleh desa:
  1. Sebelah Barat:  Desa Sidowayah
  2. Sebelah Timur : Desa Taji
  3. Sebelah Selatan: Desa Truneng
  4. Sebelah Utara: Desa Ginuk.

Sunday, February 17, 2013

Asal usul Kali Gandong Magetan

Go to Magetan| Magetan asal usul kali ini akan berbagi tentang Asal usul Kali Gandong Magetan. Kali Gandong ini adalah sungai yang melintasi tengah kota Magetan, dan nama Kali (sungai) Gandong ini sudah familiar di telinga warga Magetan, namun cerita asal usul nama sungai ini dinamakan dengan Kali Gandong tidak semua warga Magetan itu mengetahuinya.

Cerita penamaan sungai ini berawal dari ketika Kyai Mageti bersemedi di suatu tempat yang asing dan suasananya hening di dalam hutan, yang saat ini di kenal dengan Desa Magetan. Belum lama beliau bersemedi, beliau beliau terganggu dengan suasana gemuruh yang berasal dari arah barat. Adapun suara itu adalah suara air bah yang mengalir dengan deras seperti air bah yang datang di waktu musim penghujan, padahal waktu itu adalah musim kemarau, dan ternyata air bah itu adalah air yang di giring oleh orang sakti yang bernama Djoko Segondang. 

Saturday, February 16, 2013

Asal usul desa Krajan Kecamatan parang Kabupaten Magetan

Go to Magetan| Asal usul Mageta kali ini akan bercerita tentang Asal usul desa Krajan Kecamatan parang Kabupaten Magetan. Desa krajan ini terletak di lembah sungai kenteng dan ada 3 desa yang Desa Krajan, desa Sundul dan desa krowe.

Menurut cerita dari sumber yang di dapat bahwa desa krajan ini ceritanya di mulai dari yang namanya Mbah labu. Mbah Labu itu sendiri pendatang yang berasal dari Wonogiri Jawa Tengah, dan mulai babad untuk membuat pemukiman untuk ditempat tinggali olehnya. Setelah beberapa bulan mbah labu mencari tempat yang tepat untuk ia tempati akhirnya ia mendapatkan juga tempat yang cocok untuk ditempat tinggali yaitu di lembah sungai atau sekitar bantaran sungai yang sekarang di kenal dengan sungai kenteng.

Friday, February 15, 2013

Seminar Remaja “Ketika Engkau Tersenyum Padaku”

Go to Magetan | “Ketika Engkau Tersenyum Padaku” ini adalah sebuah tema dari Seminar Remaja yang di selenggarakan oleh  SMA Negeri 1 Magetan

Seminar Remaja ini rencananya akan di selenggarakan pada hari minggu tepatnya tanggal 24 Februari 2013 oleh Rohis SMAN 1 Magetan  pukul 07.00 -  12.00 yang bertempat di Aula SMAN 1 Magetan.

12 Jenis Mie yang di Haramkan

Go to Magetan| Hari ini ane akan memposting 12 Jenis Mie yang di Haramkan. Ngomong-ngomong apakah anda sudah tahu makanan yang disebut dengan Mie?!. 

Nah,apakah anda sudah tahu bahwa ada 12 mie yang telah diharamkan di Indonesia bahkan di dunia? Kalau anda belum tahu ane kebetulan mau sharring tentang 12 mie yang di haramkan.

Jadi waspadalah, jangan sampai anda keliru memakan mie yang telah di haramkan ini, kalau anda tidak ingin berurusan dengan MUI, ataupun aparat penegak hukum.

Thursday, February 14, 2013

Sate Gule Kambing Pak Sirin Ngariboyo Magetan

sate gule pak sirin ngariboyoGo to Magetan| Hari ini membicarakan kuliner lagi yaitu Sate Gule Kambing Pak Sirin Ngariboyo Magetan. Beberapa hari lalu ane sudah memposting sate gule Moro Seneng ngariboyo, dan kali ini masih sama menunya yaitu sate gule, serta tempatnyapun masih tetap di Ngariboyo lho. 

Yang disebut-sebut adalah Gate Gule Kambing Pak Sirin. Warung Sate gule ini tempatnya ada di depan Kantor kecamatan Ngariboyo Magetan, atau di depan Pasar Hewan Ngariboyo Magetan. Nah apabila anda sedang lewat Jalan Raya Magetan Parang anda akan melewatinya, adapun tempat lokasinya di sebelah barat jalan atau kanan jalan dari arah Magetan menuju ke Parang. 

Wednesday, February 13, 2013

Legenda asal usul desa Selotinatah Magetan

Go to Magetan | Asa usul desa di Magetan kali ini akan membahas Legenda Desa Selotinatah Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Konon diceritakan ada seorang maling genthiri (Pencuri yang berbudi baik) bermukim di suatu tempat, di sebuah desa di sebelah timur gunung Lawu. Tak jauh dari rumah maling Genthiri ini ada sebuah rumah besar yang pemiliknya sanganlah kikir.

Maka pada suatu malam maling genthiri ini bermaksud untuk mencuri barang-barang milih orang kaya tersebut, yang rencana hasil dari pencurian itu akan di berikan kepada orang-orang yang kekurangan. Adapun rencana jitunya adalah maling genthiri akan membuat lubang dibawah tanah (jw. gangsir) dari rumahnya sampai menuju rumah orang kaya yang kikir itu.

Monday, February 11, 2013

Legenda Desa Kalang Magetan


Go to Magetan | Hari ini membahas tentang Legenda Desa Kalang Magetan . Desa kalang adalah nama desa di Magetan tepatnya di sebelah barat desa Selosari Magetan dan berada di jalur Magetan-Sarangan.
Konon pada jaman dahulu seorang pendatang dari Mataram bernama Kyai Ageng Minteragi yang menempati suatu daerah yang sekarang di kenal dengan desa Kalang. 

Saturday, February 9, 2013

Pengadilan Negeri Magetan Rame Kaya Pasar ?!

Pengadilan Negeri Magetan Rame Kaya Pasar ?!Go to Magetan |  Postingan kali ini bercerita tentang Pengadilan Negeri Magetan Rame Kaya Pasar ?! Masih ingatkah dahulu kalau menyalakan lampu kendaraan bermotor roda dua di siang hari itu melanggar hukum? dan tentunya anda akan di kenai denda alias di tilang?

Nah sekarang ini berubah 180 derajat, karena kalau anda menyalakan lampu kendaraan bermotor roda dua di siang hari tentu anda malah akan di kenai denda alias di tilang oleh penegak hukum, di karenakan anda melanggar tata tertib lalulintas.

Kejadian ini menimpa ane, kisah ini berawal dari ketika ane berangkat kerja pada hari Rabu 23 Januari 2013 sekitar pukul 9 pagi hari. Biasanya ane berangkat kerja langsung ke tempat kerja ane, namun karena waktu itu ane badannya kurang sehat ane  mampir dahulu di apotik untuk membeli obat. 

Thursday, February 7, 2013

Asal usul desa Kerik Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan

Go to Magetan | Asal usul desa Kerik Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Desa Kerik adalah salah satu nama desa di wilayah Kabupaten Magetan.

Dahulu desa kerik berwujud hutan belantara yang sulit di tembus, karena banyak binatang buas seperti harimau, ular, kera dan binatang lainnya, serta banyak sendang dan rawa-rawa yang bertebaran di mana-mana.

Pada suatu hari datanglah seorang Palang beserta pengikutnya dari Mataram Jawa Tengah. Palang ini wajahnya kelihatan menyeramkan, karena berkumis dan berjenggot panjang. Kedatangan mereka ke daerah hutang yang berawa itu dikarenakan mereka adalah buron Belanda. Mereka kabarnya sangat di benci oleh belanda karena Palang dan pengikutnya sering mengacau dan mengobrak-abrik pemukiman dan markas Kompeni belanda, mengakibatkan ratusan kompeni belanda menjadi korbannya.

Tuesday, February 5, 2013

Sate Gule Kambing Moro Seneng Ngariboyo Magetan

Sate Gule Kambing Moro Seneng Ngariboyo Magetan
Go to Magetan | Magetan kuliner kali ini akan berbagi tentang Sate Gule Kambing Moro Seneng Ngariboyo Magetan.

Membicarakan kuliner tentu akan menggugah selera makan kita, nah anda patut mencoba kuliner yang satu ini yaitu sate dan gule kambing.

Di kecamatan Ngariboyo ini ada banyak warung makan yang bisa anda kunjungi termasuk warung sate gule Kambing, salah satunya adalah warung sate gule kambing Moro Seneng.

Saturday, February 2, 2013

Asal usul desa Mangkujayan Magetan

Go to Magetan | Asal usul desa dan kota Magetan akan berbagi tentang Asal susul desa Mangkujayan Magetan. 

Desa Mangku Jayan terdiri dari 2 dukuh yaitu dukuh Mangkujayan yang terletah di utara sungai Gandong dan dukuh Kunden yang terletah di sebelah selatan sungai Gandong.

Bagaimanakah cerita tentang terjadinya nama desa Mangkujayan tersebut?! menurut sumber yang di ceritakan kepada kami, cerita asal usul pemberian nama desa Mangkujayan tersebut adalah sebagai berikut:

Friday, February 1, 2013

Asal usul desa Plumpung Kecamatan Plaosan Magetan

Go to Magetan | Asal usul desa Plumpung Kecamatan Plaosan Magetan.  Dahulu kala ada seorang pedagang dari sebelah timur gunung lawu yang biasa menjual barang dagangannya ke daerah sebelah barat( jw. kulon) gunung lawu. Nah biasanya para pembeli tidak langsung membayarnya alias hutang atau kredit.

Suatu ketika pedagang tersebut menagih uang dagangannya yang belum di bayar para pelanggan ke kulon (barat) gunung. Dan di karenakan pelanggannya lebih dari satu atau banyak maka dalam menarik uang pinjamannya tidak cukup hanya sehari, maka pedagang tersebut terpaksa bermalam di rumah salah satu pelanggannya yang berhutang yang juga akan di tagih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More